LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pangdam XVI/Pattimura Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Kodim 1508/Tobelo

Senin, 16 Oktober 2023 | 6:09 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 363

HALUT, Liputan-Malut.com – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, P.S.C., M.Tr.Han serta Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Shinta Damayanti dan rombongan meninjau langsung lahan ketahanan pangan dan melaksanakan Penanaman jagung di area Makodim 1508/Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Senin (16/10/2023).

Ikut serta dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, P.S.C., M.Tr.Han serta Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Shinta Damayanti dan rombongan, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, SE serta ibu, Wakil Bupati Halmahera Utara Muchlis Tapi Tapi,S.Ag, Ketua DPRD Halut Janglis Kitong, Kepala Kejaksaan Negeri Halut Muhammad Ahsan Thamrin, S.H, M.H, Wakil Ketua I DPRD Halut Samsul Bahri Umar, Wakil Ketua II DPRD Halut Ingrit Paparang, Wakapolres Halut Kompol Andreas Adi Febrianto, A.Md. IK., S.I.K, Mewakili Kepala PLN Tobelo, Mewakili KPP Pratama Tobelo, Asisten Maneger PT. Kahuripan Inti Mineral (KIM) Bpk. Kenny Hakim.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, P.S.C., M.Tr.Han mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Atensi Bapak Kasad yang disampaikan kepada satuan jajaran TNI Angkatan Darat agar melakukan program ketahanan pangan seperti mengelola lahan kosong menjadi lahan produktif serta selalu peduli dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung kegiatan pemerintah.

“Baru saja kita panen secara perdana dan tadi kita melaksanakan penanaman jagung bersama-sama inilah wujud ketahanan pangan di lakukan oleh TNI-AD dan sebenarnya bukan disini saja seluruh TNI-AD melakukan kegiatan yang sama dengan memanfaatkan, memberdayakan, lahan-lahan apakah itu milik TNI, ataupun milik masyarakat ataupun milik kementrian ataupun pihak-pihak yang lain. Sehingga kita mengajak seluruh komponen terutama masyarakat petani untuk ikut berpartisipasi dalam ketahanan pangan ini mudah-mudahan hasilnya bagus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, bagi seluruh elemen harus saling bahu membahu dalam membantu masyarakat dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Sehingga perlu adanya edukasi agar masyarakat dapat mandiri dalam hal eksistensi pangan. TNI AD sebagai aparat teritorial harus dapat berada ditengah masyarakat dalam membantu kesulitan rakyat di wilayah binaan, ucapnya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi para petani dalam berkreatifitas menaman jagung, perawatan dan mendapatkan hasil panen jagung nantinya yang lebih maksimal,” tutur Pangdam.

Pangdam juga mengajak Mari kita semua saling mendukung dan mohon jangan jadikan kegiatan hari ini hanya sekadar wacana, tapi menjadi kerja nyata untuk mensejahterakan rakyat, bangsa dan negara.

Sementara, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait,S.E mengatakan, selaku jajaran dibawah sebagai prajurit tentunya patuh dan selalu siap menjalankan tugas yang diberikan pimpinan. Terlebih tugas yang dilaksanakan untuk kepentingan bangsa dan negara yaitu mendukung ketahanan pangan nasional.

“Selaku jajaran bawah, kami selalu implementasikan secara langsung perintah pimpinan terlebih menyangkut Bangsa dan Negara. Untuk itu mendukung ketahanan pangan nasional kami jajaran Kodim 1508/Tobelo melakukan penanaman jagung dan lain-lain, Ini dilaksanakan dengan melibatkan warga sekitar,” katanya. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by