LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Komsos Kodim 1508/Tobelo Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme

Jumat, 23 Juni 2023 | 5:37 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 196

HALUT, Liputan-Malut.com – Kodim 1508/Tobelo menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme tahun 2023. Dengan mengambil tema “Ideologi Pancasila sebagai benteng menangkal dari Radikalisme dan Separatisme”. Kegiatan digelar aula Makodim 1508/Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Jumat (23/6/2023).

Acara dibuka oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E dan di hadiri Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, para Perwira Staf Kodim 1508/Tobelo, Kepala Seksi Operasional Satpol PP Kab. Halmahera Utara bapak Saskar Temorubun serta anggota, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, Mahasiswa, pelajar SMA dan SMP.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait,S.E dalam sambutannya mengatakan, pada dasarnya kegiatan ini diharapkan kita sebagai warga negara Indonesia mengerti dan paham apa itu radikalisme dan separatisme.

“Perkembangan Globalisasi dan media sosial membawa dampak positif terhadap kehidupan masyarakat Indonesia berupa kemajuan ekonomi dan pembangunan. Disisi lain melalui media sosial juga bisa membawa masyarakat menuju ujaran kebencian, provokasi dan fitnah, idiologi yang salah, serta dapat menghasut masyarakat untuk melakukan hal-hal yang negatif,” ujarnya.

Pancasila kita harapkan akan tetap utuh sampai kapan pun karena Pancasila merupakan dasar negara. Saat ini ada beberapa oknum yang salah memaknai paham radikalisme yang sempit dan menggabungkan dengan agama, sehingga menjadi paham yang salah dan bertentangan dengan Pancasila serta ajaran-ajaran agama yang sah dan sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Peran serta seluruh masyarakat dalam mencegah Radikalisme dan Separatisme sangat di perlukan, terutama terhadap lingkungan sekitarnya dan mau membuka wawasan serta mengembangkan cara berfikir seluas-luasnya, bahu membahu untuk memberikan pemahaman yang positif dan merangkul seluruh komponen bangsa serta mengambil tindakan preventif untuk mencegah Raradikalisme/Separatisme agar tidak berkembang di wilayah NKRI, serta dapat menimbukan disintegrasi bangsa,” ujar Dandim

Dalam kegiatan tersebut di berikan beberapa materi diantaranya, materi
tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang), materi tentang kebijakan Pimpinan TNI AD bidang teritorial TA 2023 dan materi tentang Ideologi Pancasila sebagai benteng menangkal dari Radikalisme dan Separatisme. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by