LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Ikuti Rakornas BNPB, Bupati Halsel Janji Tindak Lanjuti Arahan Presiden

Kamis, 2 Maret 2023 | 8:07 pm
Reporter: Zulhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 564

JAKARTA,Liputan-Malut.com- Bupati Halmahera Selatan H. Usman Sidik menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2023 yang berlangsung International Expo Hall B1 dan B2 di Jakarta, Kamis, (02/3). orang nomor satu Pemkab Halsel didampingi Kepala BPBD, Ichwan Iskandar Alam, Kepala BPKAD, Aswin Adam Kepala Dinas Pendidikan, Safiun Rajulan dan Kabag Protokoler, Asriyadi Said serta Kaban BAPPEDA, Tahrim Imam. 

Rakornas yang diselenggarakan BNPB tersebut dibuka langsung Presiden Joko Widodo didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.

Selain itu, hadir pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, para gubernur, bupati dan walikota se Indonesia serta jajaran BNPB, BPBD, serta Forkopimda.

Rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia dan akan ditutup oleh Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut mengusung tema, Penguatan resiliensi berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana yang dilatar belakangi oleh hasil pembahasan Bali Agenda Resilience GPDRR 2022, Penjaringan Meinstreaming isu-isu aktual kebencanaan menghadapi tahun 2024 serta pengembangan industrialisasi kebecanaan di Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dalam sambutnya menyampaikan, perlu adanya antisipasi bencana sebagai akibat dari perubahan iklim dengan frekuensi alam di Indonesia.

Jokowi menuturkan, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah harus menyikapi bencana yakni peringatan dini, edukasi dini, kesiagaan bencana, tata ruang yang tanggap bencana, serta selalu siaga dan waspada baik untuk tahap pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana. 

“Jadi Pemda dan BPBD sebagai ujung tombak penanggulangan bencana agar melakukan identifikasi potensi bencana, menyiapkan pendanaan, memadukan risiko bencana dalam rencana pembangunan dan investasi,”Ujar Jokowi.

Mantan Walikota solo itu juga menekankan, soal Pergunakan Dana bencana untuk masyarakat terutama masyarakat kecil, hal itu agar stabilitas ekonomi pasca bencana dapat dikontrol oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, Bupati Usman Sidik mengatakan pihaknya berkomitmen menindaklanjuti arahan Bapak Presiden dengan penguatan kolaborasi dan sinergitas kelembagaan khususnya pada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan.

Selain itu, Pemerintah Daerah Halmaher Selatan juga akan selalu sigap melakukan identifikasi hambatan, tantangan dan evaluasi capaian program penanggulangan bencana. 

“Jadi Pemda Halmahera Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan mendukung dan melaksanakan sepenuhnya arahan Bapak Presiden tersebut sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah,” tukasnya. (Zul)

Berita Lainnya