LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Warga Malifut Kecelakaan Parah, Dibantu Program Haji Robert Peduli

Senin, 27 Juni 2022 | 12:31 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 119

HALUT, Liputan-Malut.com – Amarulla Roboke, warga Desa Tafasoho, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara mengalami kecelakaan di jalan raya di Desa Goruang, dalam perjalanan dari Kao ke Malifut pada hari Jumat, 10 Juni 2022.
Bagian atas kepalanya robek, sejumlah bagian di mukanya juga. Darah mengalir dan membasahi mukanya.

Menurut Kepala Desa Tafasoho, Supardi Gaus, kejadian tersebut adalah kecelakaan tunggal dimana korban hilang kendali dan kemudian motor yang dibawanya jatuh masuk ke got di pinggir jalan.

“Korban lalu dibawa ke Rumah Sakit Bergerak Kao,” katanya, Senin (27/06/2022).

Namun karena lukanya yang parah, korban harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah/ RSUD di Tobelo. Supardi yang ikut membawa korban ke Tobelo mengatakan, saat itu prioritas utamanya adalah membawa korban secepat mungkin ke Tobelo agar segera mendapatkan penanganan medis yang seharusnya.

Mengingat parahnya luka yang dialami korban dan mengancam jiwanya, Supardi teringat program bantuan kesehatan PT Nusa Halmahera Minerals yang biasa diberikan untuk masyarakat melalui Program Haji Robert Peduli, dimana bantuan diberikan kepada masyarakat lingkar tambang yang mengalami sakit parah dan mengancam jiwa. Supardi lalu menghubungi Presiden Direktur PTNHM, Haji Robert Nitiyudho Wachjo. Menurut Supardi, Haji Robert langsung memberikan bantuan dengan memberikan uang untuk biaya penanganan korban di RSUD Tobelo.

Korban kemudian dirawat di RSUD Tobelo selama 7 hari dimana Supardi dan adik korban menemani. Sejumlah penanganan medis diberikan oleh dokter dan perawat di RSUD Tersebut. Banyak jahitan yang harus dilakukan yaitu dibagian atas kepala, pipi, bibir dan bagian lain dari wajah korban.

Saat ini korban sudah kembali ke rumahnya dan sedang tahap pemulihan. Yang pasti korban selamat dari kecelakaan tersebut dan penanganan medis segera diberikan, meskipun harus dilarikan ke RSUD Tobelo yang cukup jauh.

Supardi dan keluarga korban mengucapkan terima kasih kepada Haji Robert yang bersedia dihubungi segera saat itu dan segera memberikan bantuan sehingga korban dapat ditangani cepat.

Bantuan kesehatan untuk masyarakat lingkar tambang yang mengalami sakit parah dan mengancam jiwa, serta dari keluarga tidak mampu merupakan salah satu program Haji Robert Peduli sejak Haji Robert mengambil alih PTNHM dari Newcrest pada tahun 2020. Telah banyak masyarakat yang dibantu. Saat ini ada sejumlah masyarakat yang dibantu dirujuk ke pelayanan kesehatan di Tobelo, Ternate, bahkan di Manado dan Jakarta. Mereka adalah masyarakat yang selama sakit, tidak mempunyai akses terhadap pelayanan kesehatan.

Di luar itu, program lainnya adalah bedah rumah, untuk membantu masyarakat yang rumahnya dinilai tidak layak menjadi rumah yang sehat dan aman. Juga bantuan santuan rutin untuk kaum tidak mampu. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer