LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Siapkan Auditor Internal, NHM Bekali Karyawan Pelatihan ISO Sistem Manajemen Lingkungan dan Audit Sistem Manajemen

Kamis, 15 Februari 2024 | 2:26 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 214

HALUT, Liputan-Malut.com – Komitmen meningkatkan kinerja lingkungan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) agar mampu melampaui persyaratan yang ditetapkan (Beyond Compliance) dalam penilaian PROPER tahun 2024 terus diperkuat. Sebagai bagian dari upaya dan peningkatan kapasitas internal khususnya dalam pengelolaan lingkungan, Manajemen memberikan pelatihan terkait ISO (International Organization for Standardization) kepada 50 peserta dari berbagai departemen. Selama tiga hari (10-12 Januari 2024), para peserta aktif mengikuti kegiatan pelatihan tentang Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2015) dan Audit Sistem Manajemen (ISO 19011:2018), baik secara daring maupun tatap muka di Gedung Two Rivers Gosowong, yang dipandu oleh Emi Sumartini, S.T, dari konsultan mitra NHM, PT Panji Teknologi Services.

Acara dibuka oleh Manajer Departemen Environmental (Lingkungan Hidup), Widi Wijaya. Dalam sambutannya, Widi menyampaikan harapan Manajemen terkait pelaksanaan pelatihan dimana perjalanan menuju PROPER Hijau membutuhkan perencanaan dan realisasi yang matang dan terstruktur untuk meningkatkan kinerja lingkungan di Tambang Emas Gosowong.

“Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 dan Audit Sistem Manajemen ISO 19011:2018 adalah langkah konkret dalam mendukung Perusahaan memiliki auditor-auditor internal yang kompeten dan independen untuk melaksanakan audit, terutama dalam pengelolaan lingkungan. Mari kita manfaatkan pelatihan ini untuk memperdalam pengetahuan dan mendukung perusahaan mewujudkan pengelolaan lingkungan yang semakin baik,” ucap Widi melalui rilis dari Departemen Komunikasi NHM, Rabu (14/02/2024).

Ketika mengikuti materi pelatihan, semua peserta terlihat antusias saat dibagi ke dalam kelompok. Mereka mengikuti Workshop I tentang pembentukan sistem pada sebuah perusahaan yang baru dibangun yang mencakup pengelolaan lingkungan, Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), serta proses bisnis. Sedangkan Workshop II membahas cara melakukan audit internal secara profesional. Setiap sesi workshop dinilai oleh pemateri, dan di akhir kegiatan peserta menerima feedback dan evaluasi.

Diakhir pelatihan, Rustam Salim, salah seorang peserta dari Departemen Environmental yang juga terpilih sebagai peserta terinteraktif, menyampaikan kesannya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada pemateri yang telah membimbing kami terkait pengetahuan ISO Sistem Manajemen Lingkungan dan Audit Sistem Manajemen. Harapan saya, dengan pengetahuan yang kami peroleh hari ini, kita semua dapat bekerja sama agar NHM berhasil melaksanakan audit internal dan menciptakan inovasi di setiap departemen melalui partisipasi peserta pelatihan ini dan karyawan lainnya,” harapnya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by