LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Sesuai Instruksi Bupati Halut, Tahun Depan Kesbangpol Bakal Naikan Bantuan Keuangan Parpol

Kamis, 2 Juni 2022 | 10:41 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 170
Kaban Kesbangpol Halut, Drs. Fredrik N. Sahetapy (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Halmahera Utara segera mempersiapkan rancangan untuk menaikan bantuan keuangan Partai Politik (Parpol) pada tahun 2023 mendatang.

“Sesuai instruksi Bupati, kami akan segera mempersiapkan rancangan untuk menaikan bantuan untuk Parpol,” jelas Kaban Kesbangpol Halut, Drs. Fredrik N. Sahetapy, kepada sejumlah wartawan, diruang kerjanya,  Kamis (02/05/2022).

Fredrik menjelaskan bahwa dari realisasi bantuan untuk setiap suara dari partai politik untuk tahun sebelumnya hingga tahun 2022 ini diberikan sebesar Rp 7.100, namun dalam rancangan pada tahun depan nantinya, akan diberikan kurang lebih Rp 15.000 hingga Rp 20.000 setiap suara yang dihitung dari partai politik yang perwakilannya duduk di kursi DPRD.

“Untuk penambahan bantuan dana tersebut, telah disampaikan ke Bidang yang menanganinya untuk mempersiapkan administrasi sedini mungkin sehingga ketika masuk dalam pengusulan sudah dipersiapkan,” terangnya.

Menurutnya, sudah selayaknya adanya penambahan dana bagi Parpol dilakukan, pasalnya aturan jelas memberikan kewenangan dan dapat diberikan tergantung keuangan daerah.

“Di Maluku Utara saat ini yang lebih besar dalam memberikan bantuan keuangan ke Parpol sebesar Rp 20.000 setiap suara. Hal ini sudah patut dilakukan sebab kata Bupati bahwa APBD Halut sudah mencapai Rp 1 triliun lebih sehingga perlu dinaikan bantuan dana bagi Parpol,” jelasnya. 

Sementara itu, setelah bantuan keuangan diberikan secara simbolis, kini seluruh Parpol sudah harus menyampaikan seluruh dokumen guna permintaan dana bantuan untuk Parpol.

“Saat ini PAN sudah dimasukan dan selanjutnya akan berproses hingga 11 parpol lainnya wajib mengajukan permintaannya ke Kesbangpol,” imbuhnya. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer