LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Refleksi dan Transformasi Operasional PT NHM, Hi.Robert Nitiyudo Wachjo “Sesulit Apapun Perusahaan Saya Tidak Menyerah”

Senin, 27 Mei 2024 | 9:41 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 160

HALUT, Liputan-Malut.com – Presiden Direktur PT NHM, H. Robert Nitiyudo Wachjo melalui zoom dan Wakil Presiden Direktur  Amirudin Hasim mengelar pertemuan bersama Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 5 Kecamatan lingkar tambang. Pertemun tersebut dilangsungkan di Multi Purpose Building (MPB) Desa Tabobo Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara, Jumat (24/05/2024)

Pertemuan yang mengangkat Tema “Refleksi dan transformasi operasional PT NHM,” yang dihadiri Wakil Presiden Direktur PT NHM Amirudin Hasim, Danramil 1508 – 03 / Kao di wakili Serda Lukas kalau, Danramil 1508 – 04/ Malifut di wakili Serda Rifan, Kapolsek Kao Ipda Mifta I Saleh, Kapolsek Malifut Akp Muh Arsyad, Camat Kao Teluk Mucklis Ternate, Camat Malifut  Gabriel Djando, Camat Kao Dedy Mayoru, Camat Kao Barat Efrountos Hendrik, Camat kao Utara, Kepala tehnik Tambang Rado Laolo, Humas Rustam Munawar, Kepala Defisi Budaya Dodi panudu, Ketua KEBAIKAN PT NHM Iswan Hi Ma’rus, Ketua SPSI Rusli A Galilea, Ketua GSM Rudi Pareta, Spesial Projek PT NHM Bpk Rudi Palembangan, Kades 5 kecamatan lingkar tambang dan perwakilan ketua BPD 5 dari 5 Kecamatan.

Kepala Teknik Tambang NHM Rado Lawolo mengatakan semoga dalam pertemuan pada ini dapat berjalan  dengan baik sehingga segalah persoalan yang akan kita bahas dapat terselesaikan dengan solusi yang nantinya  datang dari bapak bapak sekalian.

“kami perlu tegaskan bahwa PT NHM sampai dengan saat ini masih berjalan dan tetap beroperasi,namun tidak dapat di pungkiri perlu memperbaiki oprasional dengan baik,” jelasnya.

Terkait cadangan emas, NHM masi terus melakukan kegiatan eksplorasi untuk mencari cadangan emas dan kami telah menemukan cadangan tersebut namun butuh upaya keras untuk mengoptimalkan maksud dan tujuan perusahan.

“Saat ini kami perlu melakukan perawatan dengan baik dan fokus di terowongan kencana untuk membiayayai segala oprasional PT NHM. kami sangat berterima kasih kepada Para Muspida ,Muspika sampai kepada suluh masarakat atas suport terhadap perusahan PT NHM,” ucap Amirudin

Sangaji Pagu Simon Toloa mengatakan bahwa Kami hadir disini untuk mencari solusi terkait persolan yang dialami oleh perusahan sehingga mari kita mendukung perusahan untuk keluar dari persoalan ini sehingga saya berharap kepada semua masyarakat dapat mendukung PT NHM untuk bangkit kembali.

Ditempat yang sama Kapolsek Malifut AKP Muh Arsyad mengatakan semua Hadir untuk memberikan seport kepada perusahan ,sehingga keamanan ketertiban perusahan perlu kita jaga bersama baik TNI – Polri maupun masyarakat lingkar tambang dapat bekerja sama

Selain itu, Danramil 1508 – 03 / Kao yang di wakili Serda Lukas kalalo mengatakan mewakili koramil ikut membantu pihak kepolisian untuk bersama sama membantu keamanan Perusahan tentunya kami berharap ada dukungan masyarakat karna dengan dukungan masyarakat kami kuat .

Wakil Direktur PT NHM Amiruddin Hasim mengatakan Saat ini perusahan PT NHM mengalami tantangan yang cukup kuat terkait pembiayaan oprasional, namun Presiden Direktur PT NHM sampai dengan saat ini tetap bertahan dan terus Maju. Infestasi perusahan dari PT Newcrest beralih ke PT Indotan dengan saham  sebesar  75 % dan diambil alih oleh Indotan walaupun sementara cadangan emas tinggal sisa – sisa dari perusahan pada saat di kelola oleh Newcrest

Perusahan pada saat menambang apabila menemukan kadar emas rendah tidak dapat di kelola karena dapat merugikan perusahan .sehingga perusahan menghadirkan Alat untuk mengelola emas kadar rendah,” ungkapnya.

Sementara Presiden Direktur PT NHM, Bapak Hi. Robert Nitiyudo Wachjo melalui  Zoom mengatakan Saya sangat sedih dikarenakan Antam sampai dengan saat ini tidak ada kepedulian terhadap perusahan PT NHM dan perlu diketahui sesulit apapun perusahan ini saya tidak akan menyerah .

“Saya mengajak kepada seluruh Masyarakat yang berada di wilayah lingkar tambang untuk sama – sama berdoa kapada Allah Swt  agar perusahan ini dapat kembali Normal seperti sedia kala semoga tuhan membuka jalan ini dengan baik dan lancar,” pintanya.

“saya berharap perusahan ini tetap bertahan untuk dapat membantu ekonomi Masyarakat lingkar tambang secara keseluruhan, karna saya ingin seluruh masyarakat makmur,” tambahnya.

Selanjutnya Pukul 17.08 Wit kegiatan dilanjutkan dengan sesi dialog Interaktif dan Konstruktif dimana ada beberapa saran dan usulan yang disampaikan terkait pengurangan karyawan PT NHM  sebaiknya fokus pada karyawan yang diluar wilayah Maluku utara untuk mengurangi Angaran transportasi.

Dimana BPD kecamatan malifut dan BPD Dum Dum pantai Yerni betek mengatakan bahwa akan mendukung penuh kebijakan yang di keluarkan oleh PT NHM  demi kemaslahatan masyarakat lingkar tambang yang akan Datang. Apapun keputusan PT NHM itu kami serahkan sepenuhnya kepada pihak perusahaan asalkan tetap pada jalur keadilan dan tidak berpihak kemana mana.

Selain itu, Kades Makaeling Nurdin Salama mengatakan bahwa masyarakat lingkar tambang  tidak Pungkiri bahwa kami bergantung pada Perusahan sehingga untuk membantu perusahan perlu adanya keiklasan dari karyawan PT NHM untuk membantu kesulitan perusahan. (Willy)

Berita Lainnya