LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Program PPM, Poktan Binaan NHM Desa Bori Siap Panen

Rabu, 10 November 2021 | 11:53 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 508
Poktan binaan NHM (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) memang benar-benar terbukti menggenjot ekonomi warga lingkar tambang. Sebab, program yang disajikan manajemen NHM terlihat jelas telah berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat kalangan menengah kebawa seperti kelompok tani, peternakan dan usaha kecil menengah lainnya.

Meningkatkannya ekonomi melalui terobosan PT NHM ditangan H. Robert Nitiyudo Wachjo selaku Presiden Direktur (Presedir) sekaligus pemilik perusahan ini diakui dan dirasakan warga yang tergabung dalam kelompok usaha di Desa Bori Kecamatan Kao Utara, seperti Poktan binaan NHM serta usaha mebeler. Bahkan pemerintah Desa setempat pun turut merasakan dampak manfaat yang luar biasa dari program NHM tersebut.

Program PPM PT NHM dibidang pertanian misalnya disebut Kepala Desa Bori, Welli Lumahu, bahwa telah mampu mengangkat warga setempat menjadi mapan dan lebih bersemangat menjalankan usaha, bahkan mulai membuka usaha kecil-kecilan setelah dapat keuntungan dari panen hasil pertanian seperti cabe, tomat dan sayuran.

“sejujurnya Poktan binaan NHM di Desa Bori mungkin yang pertama panen, dan dalam waktu dekat ini akan panen yang kedua kali,”katanya, Selasa (09/11/2021)

Selain pertanian lanjut Kades Bori, kelompok mobeler usaha Mandiri yang ada di Desa mereka pun merasa ada peningkatan kesejahteraan hidup, sebab omzet dari penjualan produk sendiri seperti kursi sofa, kasur, lemari dan perabot rumah lain kian bertambah seiring peresmian rumah dari program Haji Robert Peduli berupa bedah rumah warga kurang mampu di lingkar tambang.

“memang kami akui bahwa ada peningkatan pendapatan pada warga dan terjadi perputaran uang di Desa Bori secara khusus dan di lingkar tambang NHM pada umumnya, sebab hampir semua Desa di lima Kecamatan mendapatkan bantuan dan dukungan dari perusahan NHM,”ujarnya.

Kehadiran PT NHM ditangan H. Robert menurut Kades Bori, memang sangat nampak memberikan perubahan terhadap masyarakat lingkar tambang.

“NHM yang sekarang telah menghidupkan masyarakat, maka perusahan ini patut dijaga dan dilindungi demi kelangsungan hidup jangka panjang. Kami Pemdes Bori tentu berterima kasih dan bangga dengan kepedulian yang tinggi ditunjukkan oleh seorang pemimpin perusahaan, yakni pak Haji Robert, yang memang bertangan ringan kepada siapapun,”ungkapnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by