LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Program Haji Robert Peduli Lanjutkan Bangun 13 Rumah Yang Sedang Berjalan

Rabu, 7 September 2022 | 8:51 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 41

HALUT, Liputan-Malut.com – Pembangunan rumah-rumah warga lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, yang merupakan program Haji Robert Peduli terus dilakukan.

Dimana saat ini sebanyak 13 rumah yang dinilai tidak atau kurang layak menjadi rumah yang kokoh, sehat dan aman.

Koordinator Program Bedah Rumah Haji Robert Peduli, Rudianto Palebangan menyebutkan, sebanyak 13 unit rumah yang sedang dibangun tersebut tersebar di Kecamatan Kao Barat, Kao, Kao Utara dan Malifut. Dimana saat ini tumah-rumah tersebut sedang dalam proses pembangunan, kerjasama Tim PTNHM dengan Pemerintah Desa masing-masing.

Sementara itu, hingga awal September 2022, tercatat total sebanyak 151 unit rumah di lima kecamatan sudah dibangun, dengan rincian di Kecamatan Kao 38 unit, Kao Utara 22 unit, Kao Barat 46 unit, Malifut 27 unit, dan Kao Teluk 18 unit. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 138 unit di antaranya telah diresmikan,” jelas Rudianto.

Diketahui, bantuan Program Bedah Rumah Haji Robert Peduli ini menyasar masyarakat kurang mampu di lingkar tambang PT NHM yang rumahnya dinilai tidak layak huni, agar bisa mendapat hunian yang lebih layak dan sehat. Program ini berawal dari pengamatan  pemilik perusahaan yang juga Presiden Direktur PT NHM, Haji Robert Nitiyudo Wachjo saat berkeliling desa-desa di lingkar tambang PTNHM di awal-awal dirinya mengambil alih saham mayoritas PTNHM yaitu awal tahun 2020.

Disamping itu, seusai berkeliling tersebut, Haji Robert meminta tim di internal perusahaan PTNHM untuk segera bekerjasama dengan Pemerintah Desa di 83 Desa lingkar tambang untuk mengidentifikasi rumah-rumah warga yang dinilai tidak layak huni, untuk dibantu menjadi rumah yang kokoh, sehat dan aman. “Para Pemerintah Desa di lingkar tambang mengucapkan terima kasih atas program ini, karena ini membantu Pemerintah Desa untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Selain bedah rumah, program lain dari Program Haji Robert Peduli adalah bantuan kesehatan untuk masyarakat yang tidak mampu dan sedang mengalami penyakit yang parah dan mengancam jiwa, untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di rumah sakit daerah di Kabupaten, Pronvisi, hingga jika dirasa perlu dirujuk ke rumah sakit di Kota Manado dan Jakarta. “Dari sekian program ada program santunan untuk masyarakat tidak mampu seperti anak-anak yatim piatu, yatim, kaum dhuafa serta duda dan janda lanjut usia,” tutupnya. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer