LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pemdes di Kecamatan Kao Barat “Ready For Action” Bentuk Bumdesma Program PTNHM

Selasa, 1 November 2022 | 8:01 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 400
Pemdes di Kecamatan Kao Barat rapat bersama bicarakan pembentukan BUMDesma (Foto Remer.S/WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah dan Masyarakat di 11 Desa yang berada di Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) memberikan apresiasi dan dukung penuh semua kontribusi PT Nusa Halmahera Mineral (PTNHM) melalui program-program Haji Robert yang sudah membawa dampak positif bagi masyarakat dilingkar tambang.

Kepala Desa Soahukum, Remer H. Sinyiang, SE, mewakili 11 desa Kecamatan Kao Barat mengatakan, salah satu program andalan yang sangat kami dukung yaitu Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma), karena sesuai potensi di wilayah Kao Barat yang pada umumnya bergerak di sektor pertanian yaitu padi sawah sudah dua tahun mengalami penurunan produksi karna sistim pengolahan yang kurang terlalu bagus baik tempat jumura (Skrenhaus) dan mesin penggilingan juga kurang maksimal sehingga hasil beras juga kurang terlalu bagus.

“jika program BUMDesma jalan maka kami akan tingkatkan sektor Industri pertanian yang di focuskan pada mesin gelingan akan dimaksimal yang bagus,” ujarnya, Selasa (01/11/2022).

Sekretaris FKD Kao Barat ini juga mengatakan, bahwa 11 Desa juga sementara persiapan MAD untuk pembentukan badan pengurus, kami juga meminta Tim Corporate Social Performance (CSP) agar dapat membantu mengurus Administrasi sehingga secepatnya bisa berbadan Hukum.

“saya mengajak teman-teman kades di  lima kecamatan, mari bersatu bergandengan tangan samakan persepsi bekerjasama dengan PTNHM sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat lingkar tambang baik biaya pendidikan, kesehatan dan Guru honorer bisa berjalan. kita harus bersatu jangan saling kita bermusuhan jika ada hal-hal yang kurang jelas mari kita duduk bersama sehingga bisa peroleh solusi yang baik, jangan kita saling mempersoalkan satu sama yang lain,” ajaknya.

Lanjut Remer mengatakan, kecamatan kao Barat ada 22 Desa Rencananya akan duduk bersama sehingga dapat bentuk satu lagi kelompok BUMDesma.

“Jadi jika kita melihat program bantuan Presiden Direktur PTNHM Haji Robert  khususnya di 5 Kecamatan lingkar tambang ini luar biasa, baik bantuan Ke Gereja, Masjid, Rumah Adat. Biaya kesehatan orang sakit dan biaya santunan kepada ibu Janda dan Anak yatim Piatu terus dilakukan, saya ajak baik Pemdes dan Masyarakat dilingkar tambang jangan kita terlalu tutup mata, mari kita dukung program PT NHM, kita juga mendoakan apa yang menjadi rencana program NHM bisa berjalan lancar,” tandasnya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by