LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Musyawarah Basis II F-GSBM NHM Sukses Menetapkan Pengurus dan Program Kerja

Rabu, 31 Januari 2024 | 10:33 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 246

HALUT, Liputan-Malut.com – Federasi Gabungan Serikat Buruh Mandiri (F-GSBM) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) sukses gelar kegiatan Musyawarah Basis II dengan Tema “Memperkuat Konsolidasi, Soliditas dan Solidaritas Kaum Buruh Demi Mencapai Tujuan Kesejahteraan”. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Fristi, Desa Daru, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) tanggal 19-20 Desember 2023.

Ketua Panitia Christian Muloko, kepada tim Komunikasi menyampaikan, bahwa kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pemahaman pengelolaan organisasi yang baik dan benar bagi seluruh anggota, penanaman nilai-nilai demokrasi dan pembenahan internal organisasi, serta peningkatan kapasitas dan pemahaman mengenai pentingnya solidaritas dan persatuan buruh.

“tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk mengevaluasi Program Pengurus Basis (PB) F-GSBM NHM, menetapkan Pokok-Pokok Program Kerja Organisasi sebagai penjabaran dari Pokok-Pokok Program Kerja Nasional serta kondisi kontekstual PB F-GSBM NHM, memilih dan menetapkan Ketua Umum dan Sekretaris Umum serta struktur dan personalia Pengurus Basis F-GSBM NHM, serta memilih dan menetapkan komposisi Dewan Penasehat,” jelasnya, melalui rilis dari Departemen Komunikasi NHM, Rabu (31/01/2024)

Selanjutnya, Christian juga selaku Ketua Panitia menambahkan bahwa Musyawarah Basis II F-GSBM NHM telah berhasil menghasilkan Pokok-Pokok Program Kerja, menetapkan Rudi Pareta sebagai Ketua Umum dan Christian Muloko sebagai Sekretaris Umum beserta struktur dan personalia PB F-GSBM NHM Periode 2023-2026. Selain itu, komposisi Dewan Penasehat Periode 2023-2026 serta poin-poin rekomendasi lainnya juga berhasil dirumuskan dan ditetapkan dalam forum Musyawarah tersebut.

Sementara Ketua Umum F-GSBM NHM terpilih Rudi Pareta, menyampaikan bahwa untuk menjalankan program ke depan yang sudah disepakati bersama, dirinya juga meminta dukungan dan kerjasama yang baik.

“Untuk menjalankan setiap program yang sudah kita sepakati secara bersama-sama dalam Musyawarah Basis II ini, saya minta kerjasama dan dukungan dari semua pihak, terutama untuk Bapak dan Ibu Pengurus dan para anggota. Kita harus tetap solid sebagaimana sapu lidi, tidak mungkin dapat menyapu kotoran jika hanya sebatang, namun jika terdiri dari banyak batang lidi pasti akan bisa menyapu bersih kotoran sebesar apapun itu,” pintamya.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten III Bupati Halut, dengan dihadiri peserta para utusan anggota F-GSBM NHM yang terdiri dari masing-masing departemen di NHM. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Manajemen NHM yang diwakili oleh Mahdi Abd. Rahman (Officer IR), Ketua Lembaga Adat/Sangaji dari suku-suku Pagu, Towiliko, dan Boeng, serta beberapa organisasi pemuda adat seperti Lembaga Pemuda Adat Boeng, dan Lembaga Pemuda Adat Pagu. Hadir juga Camat Kao Utara, serta perwakilan dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) sebagai mitra wadah aspirasi pekerja di NHM. (Willy)

Berita Lainnya