LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Momentum Peringatan HUT Ke 19 Sebagai Kilas Balik Mengenang Para Pendiri Kabupaten Halut

Selasa, 31 Mei 2022 | 6:05 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 89
Bupati Halut berikan tumpeng kepada mantan Bupati (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Halmahera Utara ke 19 tahun yang dilaksanakan pada 31 Mei 2022 kali ini menjadi sebuah kilas balik untuk bagaimana mengenang kembali para pendahulu yang telah mendirikan kabupaten Halmahera Utara.

Peringatan HUT Kabupaten Halmahera Utara ke – 19 tahun dilakukan lewat paripurna terbuka yang dipimpin Ketua DPRD Halut Janlis G. Kitong, SH didampingi dua wakil ketua dan juga anggota DPRD, Bupati Ir. Frans Manery dan Wakil Bupati Muchlis Tapi Tapi. Selain itu, mementum tersebut juga dihadiri para anggota DPRD, Sekda Halut, Unsur Forkopimda, Mantan Bupati  Ir. Hein Namotemo, MSP dan mantan Sekda Halut Dr. Piet H. Babua dan para tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Halut dalam pidato menyebutkan bahwa momentum HUT Kabupaten setelah dimekarkan pada tahun 2003 lalu merupakan sebuah refleksi secara menyeluruh tentang bagaimana pembentukan Kabupaten itu sendiri.

Selain itu dalam perjalan ketika dilakukan DPRD dalam melakukan Reses di konstituen dalam reses ditemukan bahwa masih banyak hal yang harus dikerjakan.

“Memang kami melihat masih banyak kekurangan dan perlu dilakukan sebagai bagian meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan infrastruktur dan perekonomian, namun pembangunan tentunya dilakukan sesuai dengan porsi dan kondisi keuangan. Maka selanjutnya, perlunya lebih selektif dalam menyusun keuangan untuk menetapkan skala prioritas daerah yang dilakukan pemerintah Daerah,” ucapnya.

Selaku DPRD, lanjut Janlis, Pemerintah Daerah juga perlu memperhatikan berbagai hak dan kewajiban ASN sehingga kedepannya apa yang menjadi pergumulan bagi ASN dan Perangkat Desa sekaligus dapat diperhatikan dan segera direalisasikan.

“Setelah dipersiapkan  regulasi dan administrasi pendukung sehingga dalam waktu yang akan datang dapat dicairkan apa yang menjadi hak ASN. Bahkan demikian halnya dengan tunjangan perangkat desa dapat segera diselesaikan. Ini kami melihat akan menjadi kado manis bagi semua pihak jika semua diselesaikan,” pintanya.

Dikatakannya, dalam proses kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, di HUT ke 19, Kabupaten Halmahera Utara kembali mendapat predikat WTP oleh BPK RI perwakilan Maluku Utara dan ini merupakan kesekian kalinya. Tak hanya itu, Pemerintah Daeraj juga telah memberikan perhatian yang besar terhadap penanganan bagi rumah masyarakat yang terdampak bencana belakangan ini seperti terjadi bencana puting beliung di Kao Utara.

“Atas capaian WTP ini kami patut menyampaikan apresiasi dan hendak lebih baik lagi kedepan dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga Halut lebih maju dan berkembang kearah yang diinginkan bersama. Begitupun sebagai apresiasi yang besar juga diberikan kepada anak-anak Halut yang telah berkiprah dalam perlombaan hingga tingkat nasional dan internasional yang kemudian Halut memperoleh medali emas lewat perlombaan boxing yang dimenangkan Diandra,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Frans Manery menyebutkan bahwa dengan kegiatan yang dilakukan lewat paripurna terbuka dalam momentum HUT kali ini merupakan starting poin dan tercatat dalam agenda daerah.

“Dalam rangka HUT ke 19 kab Halut diberikan apresiasi kepada semua pihak termasuk DPRD, aparatur pemerintah, TNI Polri dan seluruh elemen masyarakat lewat terdorongnya suasana kondusif di Halut,” ucapnya.

Dijelaskannya, dalam memperingati HUT kabupaten sendiri sebagai bentuk mensyukuri dan dapat digunakan sebagai momentum untuk mengingat kembali atas kerja keras yang dilakukan para pendahulu.

“Kita semua perlu bersepakat dan berefleksi untuk harus bertekad memberikan yang terbaik bagi daerah ini,” ajak Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, meski pandemi Covid-19 yang terjadi maka semua tidak harus menyerah dan tetap harus memiliki optimisme untuk tetap terus berjuang. Disamping itu di Halut saat ini lewat target vaksinasi telah mencapai 70 persen.

“Kami melihat ini sebagai upaya dukungan dan ketaatan segenap masyarakat untuk melakukan vaksinasi serta dukungan instansi pemerintah dan instansi terkait baik TNI dan Polri,” tutupnya. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer