LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kapolda Malut Kunjungi Stand UMKM Produktif Binaan Satgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby

Selasa, 14 Maret 2023 | 7:38 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 320

HALUT, Liputan-Malut.com – Stand Usaha Kecil Mikro dan Menengah  (UMKM) Desa Pelita binaan Satgas Yonarhanud 3/YBY dikunjungi Kapolda Maluku Utara dalam kegiatan Workshop UMKM Produktif di alun-alun Tobelo. Selasa (14/03/2023).

Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K menyampaikan agar dinas terkait dapat membantu pengembangan pembuatan kolang kaling ini karena komoditinya sudah tembus sampai ke pasaran Internasional (Eropa)

Ir. Frans Manarey Bupati Halmahera Utara menyambut positif  pembuatan kolang kaling di Kabupaten Halmahera Utara ini merupakan yang perdana dan perlu mendapat perhatian khusus agar bisa berkembang menjadi komuditi yang bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Dansatgas Pamrahwan Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han saat menghadiri kegiatan workshop pada kunjungan Kapolda Maluku Utara dalam rangka melihat UMKM Produktif Kabupaten Halmahera utara kepada media menjelaskan bahwa  satgas Yonarhanud 3/Yby membina UMKM Desa Pelita yang menampilkan produk Kolang kaling dan kerajinan dari Batok Kelapa.

“Pemanfaatan buah enau yang selama ini di kenal sebagai bahan membuat gula dan bahkan minuman keras jenis cap tikus yang orientasinya ekonomis namun kearah negative, tentunya kita akan rubah pola pikir masyarakat dengan memanfaatkan untuk yang lebih kearah positif,” ucapnya.

“Berangkat dari hal itu Dansatgas mempunyai ide untuk memanfaatkan buah enau atau aren untuk bahan membuat produk Kolang Kaling sehingga dapat menciptakan hal baru dan hadir ditengah pangsa pasar setiap hari yang selama ini belum pernah dimanfaatkan untuk itu,” tambah Dansatgas Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han

Sementara pelaksana Pembina UMKM pembuatan Kolang Kaling dari Desa Pelita Lettu Arh Sumardiono, S.T.Han yang juga Danki SSK III Salimuli merasa senang dapat membantu desa pelita menjadi penghasil kolang kaling dan diangkat hingga sampai di workshop ini, artinya kegiatan selama ini dapat bermanfaat bagi pemeritah dan juga masyarakat.

Danki SSK III Salimuli berharap yang pertama UMKM Desa Pelita ini jika satgas kami sudah purna tugas kembali ke Hombase produksi Kolang Kaling ini dapat dilanjutkan dan menjadi komuditi yang besar sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Halmahera Utara pada umumnya dan Khususnya Desa Pelita agar bisa lebih kreatif dan inovatif untuk jenis olahannya sehingga akan dilirik oleh pangsa pasar kemudian yang kedua kepada pemerintah khususnya dinas terkait agar dapat membantu dalam hal pengembangan berupa sarana dan juga pengembangan bibit pohon aren yang super.

Dalam kegiatan ini Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.P beserta PJU Polda Maluku Utara didampingi oleh Bupati Halut Ir. Frans Manarey beserta Kadis Jajaran, Dandim 1508/Tbl Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E., Dansatgas Yonarhanud 3/Yby Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han., Kapolres Halut AKBP Moh. Zulfikar Iskandar S.I.K. serta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kab. Halmahera Utara. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by