LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kolaborasi PTNHM Bersama Pemprov Malut Tanam Bibit Mangrove di Desa Kao

Kamis, 8 Juni 2023 | 6:47 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 97

HALUT, Liputan-Malut.com – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara (Malut) menandai peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun 2023 dengan lakukan penanaman 600 bibit mangrove di Desa Kao, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara yang merupakan bagian dari daerah lingkar tambang PT. NHM.

Penanaman bibit mangrove dilakukan pada Minggu, 4 Juni 2023 bersama-sama oleh Wakil Direktur Operasi/Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM, Rado Lawolo, Kepala DLH Malut Fachruddin Tukuboya, Camat Kao, Leomena Aralaha bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), perwakilan DLH Kabupaten Halut, para karyawan NHM, para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan prasasti peresmian Pencanangan Pengembangan Ekowisata Mangrove oleh KTT NHM dan Kepala DLH Malut. Aksi ini sebagai bagian dari agenda acara peringatan HLH sedunia tahun 2023 se-Maluku Utara yang dipusatkan di Tambang Emas Gosowong yang dikelola NHM.

Fachruddin Tukuboya mengatakan, penanaman mangrove merupakan aksi nyata Provinsi Malut dalam menjaga keseimbangan lingkungan, dan berharap mangrove yang telah ditanam dapat dipelihara bersama-sama agar tumbuh subur dan dapat memberikan manfaat bagi Masyarakat, selain keseimbangan alam. Ia meminta NHM untuk memperluas penanaman mangrove ini ke area lainnya di Halmahera Utara.

Hal senada juga disampaikan oleh Leomena Aralaha yang merasa bersyukur kecamatan wilayahnya ditunjuk sebagai lokasi penanaman mangrove aksi ini akan bermanfaat dalam jangka waktu lama, bahkan jika NHM sudah tidak menambang lagi, akan ada kenangan baik untuk lingkungan di masa depan.

Sementara itu Rado Lawolo mengatakan, penanaman mangrove tersebut merupakan bagian dari implementasi Kaidah Penambangan yang Baik yang dipegang NHM dalam seluruh aspek operasional penambangan yang dilakukan di Halut. Rado juga menyampaikan, Manajemen NHM memastikan aksi ini tidak berhenti di penanaman ini saja, tetapi ada pemantauan dan pelaporan secara berkala mengenai perkembangan mangrove yang telah ditanam tersebut. Sehari sebelumnya, NHM juga mengadakan aktivitas dalam rangka peringatan HLH sedunia dengan menyelenggarakan Edukasi Lingkungan di Gedung Serba Guna di dalam kawasan Tambang Gosowong yang dihadiri oleh para guru dan pelajar dari berbagai sekolah di lingkar tambang NHM.

Puncak acara peringatan HLH NHM diselenggarakan pada Senin, 5 Juni 2023 di lapangan sepak bola di tambang emas Gosowong yang dihadiri Gubernur Malut K.H.Abdul Ghani Kasuba, Lc., Bupati Halut Ir. Frans Manery, Sekretaris Daerah Malut Drs. Samsuddin A. Kadir, para Kepala Teknik Tambang beberapa perusahaan tambang di Malut serta perwakilan sejumlah perusahaan di Malut. (Willy)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer