LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Terobosan Kades Soleman, Bakal Bangun Wisata Bahari Di Desa Batu Dua Kecamatan Patani Utara

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:46 am
Reporter: Husen Ismail
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 676
Kades Batu dua Kecamatan Patani Utara Soleman Karim

HALTENG,Liputan-Malut.com Terobosan Kepala Desa batu dua dalam rangka menopang pendapatan Asli Desa (PAD) Desa batu dua Kecamatan Patani Utara Kabupaten Halmahera Tengah, perlu diberikan apresiasi serta dukungan penuh. Terobosan yang bakal di lakukan Kades batu dua sesuai program Desa tahun 2023 yakni, bakal melaksanakan pembangunan wisata Bahari.

Kepala Desa batu dua Kecamatan Pantai Utara Kabupaten Halmahera Tengah Soleman Karim kepada Media ini. Kamis (02/02/2023) mengatakan, rencana pembangunan wisata Bahari oleh pemerintah Desa batu dua yang telah masuk dalam program Desa, disambut baik oleh masyarakat Desa setempat karena wisata ini memiliki manfaat besar terhadap masyarakat dan juga sebagai sumbangsi pendapatan asli Desa Batu dua,”Jelas Soleman.

Pembangunan Wisata Bahari Desa Batu dua Kecamatan Patani Utara
Pembangunan Wisata Bahari Desa Batu dua Kecamatan Patani Utara

Lanjut Kades mengatakan, tahap pertama pembangunan wisata Bahari ini, dilakukan penimbunan dengan alokasi anggaran menggunakan Dana Desa (DD) tahap dua tahun 2022, olehnya itu pihaknya juga sangat membutuhkan sokongan dana dari Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan PUPR Kabupaten Halteng,  karena jika hanya berharap dengan alokasi DD tidak cukup untuk pembangunan wisata tersebut,”Harap Kades.

“Program yang di rancang pemerintah Desa tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah Desa batu dua untuk mendorang pertumbuhan pariwisata bahari guna terciptanya PAD di desa, namun kegiatan pemerintah desa sangat mengharapkan kepada Dinas terkait dalam hal ini, dinas PUPR dan dinas pariwisata agar dapat membantu dana rangsangan atau memberikan tambahan dana sehinga terlaksana kegiatan ini, sebab dana yang ada di pemerintah Desa sangat terbatas,”Ujarnya.

Menurutnya, pilihan Kawasan ini sangat bagus dan tepat untuk di jadikan sebagai kawasan wisata bahari, olehnya atas nama pemerintah desa meminta Dinas terkait bisa memberikan solusi yang positif baik dri dinas PUPR, Dinas pariwisata dan Dinas lingkungan hidup, bahkan dinas perikanan dan kelautan, karena DD semestinya difokuskn pada perekonomian rakyat, untuk itu kami memohon pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas terkait untuk tindak lanjuti apa yang menjadi keinginan kami masyarakat setempat,”Harapnya.

“Kami juga meminta kepada Dinas PUPR Halteng agar melakukan renovasi talud A tepat di belakang batu dua, karena ketinggiannya harus maksimal, sehingga bisa menjadi penangkis gelombang pantai ketika musim Utara, karena musim Utara hempasan gelombang pantai merembet hingga ke badan jalan,” tutup Kades mengakhiri.  (Cenox)

Berita Lainnya