LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kuker Ke Malut, Pangdam Pattimura Sambangi Kodim 1512/Weda

Jumat, 21 Oktober 2022 | 12:53 am
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 335

HALTENG,Liputan-Malut.com- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E. M.M, didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Indah Ruruh Setyawibawa beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja kewilayah Maluku Utara, Kamis (20/10/2022). Dalam Kuker tersebut Pangdam XVI/Pattimura beserta rombongan menyambangi Komando Distrik Militer (Kodim) 1512/Weda Kabupaten Halmahera Tengah.

Saat Menyambangi Kodim 1512/Weda Pangdam XVI Pattimura memberikan jam Komandan, dalam Jam Komandan tersebut Pangdam XVI/ Pattimura menyampaikan, Kunjungan kerja ini adalah untuk melihat lebih dekat situasi wilayah serta kondisi satuan di Kodim 1512/Weda, sekaligus bersilaturahmi dan berdialog secara langsung dengan Prajurit dan Persit di Kodim 1512/Weda,” Ujar Pangdam.

Kata Pandam, untuk itu, pada kunjungan kerja ini, ia akan menyampaikan beberapa perhatian yang perlu untuk diketahui dan dipedomani yakni, bidang Intelijen, masih tingginya tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh Personil Kodam XVI/Pattimura baik pelanggaran disiplin maupun pidana, antara lain asusila, disersi,
penyalahgunaan muhandak, Narkoba, Lakalalin dan perkelahian baik dengan masyarakat maupun dengan kepolisian.

Sejumlah kasus menonjol tersebut hendaknya menjadi pelajaran, evaluasi dan introspeksi agar ke depan tidak terulang kembali. Jadilah prajurit teladan yang mengedepankan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas. Jaga kekompakan, nama baik, kehormatan pribadi dan satuan dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan satuan. Selalu pelihara disiplin dan loyalitas tegak lurus ke atas,” Himbau Tegas Pangdam Saat Memberikan Jam Komandan.

Lanjut Pangdam, Setiap unsur Komandan agar menerapkan reward and punishment, tindak setiap pelanggaran sesuai hukum yang berlaku dan beri penghargaan pada setiap prajurit yang berprestasi.

“Saya mengapresiasi dan salut atas
keberhasilan lima (5) Prajurit Kodam yang beberapa waktu yang lalu telah berhasil menggagalkan penyelundupan senjata yang akan dikirim ke KKB Papua. Hal ini patut dijadikan contoh untuk memotivasi kinerja kita agar lebih baik lagi,” Tutur Pangdam.

Kemudian, Bidang operasi dan latihan, laksanakan latihan secara berkesinambungan, terarah dan terukur di satuan. Latihan merupakan kebutuhan bagi Prajurit profesional. Prajurit yang dilatih dan terlatihlah yang mampu melaksanakan tugas dengan maksimal. Belajar dan berlatihlah dengan sungguh-sungguh sehingga kemampuan kalian bisa terpelihara dan ditingkatkan kualitasnya guna menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks”Jelas Pangdam.

Selanjutnya Bidang Personel, Kompetensi jabatan dan mengikuti seleksi pendidikan makin ketat. Untuk itu, setiap Prajurit agar sedini mungkin mempersiapkan diri secara fisik, kesehatan dan akademik untuk mampu bersaing. Kesejahteraan yang telah diterima berupa gaji dan remunerasi
harus diimbangi dengan peningkatan kinerja dan disiplin,” Pungkasnya.

Bidang logistik, Lanjut pangdam Bahwa, Kita telah menerima Susu Serdadu dan pakaian PDL terbaru. Ini merupakan bentuk perhatian pimpinan kepada kita semua, sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sekaligus harus disikapi dengan senantiasa meningkatkan semangat dan etos kerja yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas,”Terangnya.

Selain itu kata pangdam Bidang Teritorial, Kodim 1512/Weda adalah satuan Kowil, sehingga harus menguasai lima kemampuan teritorial yakni kemampuan temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan kemampuan Komsos. Pelaksanaannya dilakukan melalui program Binter satuan Kowil untuk bisa membantu kesulitan dan mendapatkan simpati rakyat. Jaga silaturahmi, jalin komunikasi, bangun sinergi, solidaritas dan kolaborasi yang baik dengan unsur-unsur kewilayahan atau pemerintah daerah serta komponen masyarakat lainnya untuk mewujudkan situasi wilayah yang kondusif,”Himbau Pangdam kepada seluruh Jajaran Kodim 1512/Weda.

Setiap prajurit senantiasa selalu hadir terdepan di tengah-tengah masyarakat dan dapat membantu dalam menghadapi berbagai kesulitan serta menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di wilayahnya.

“Khusus kepada Anggota Persit, perlu saya ingatkan bahwa sebagai ibu rumah tangga, tugas ibu-ibu sangat berat dan memiliki keterkaitan langsung dengan terwujudnya kesejahteraan keluarga dan kesiapan anak-anak dalam menghadapi masa depannya. Wujudkan suasana yang harmonis dan bahagia dalam keluarga dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Saya mengingatkan kepada para Prajurit dan keluarga agar lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial, jangan terpengaruh hal-hal negatif/berita hoax yang berkembang di lingkungan sekitar, apalagi memberikan komentar negatif pada kebijakan pemerintah,” Himbaunya.

“Kepada Dansat, saya minta agar lebih peduli lagi kepada anggotanya, senantiasa monitoring dan update kejadian yang dialami anggotanya, sehingga dapat diambil langkah antisipasi terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Saya titipkan para prajurit beserta keluarganya untuk dibina dan diarahkan dengan baik, beri contoh dan ingatkan para prajurit di bawahnya untuk mengikuti aturan yang ada, serta tidak berperilaku menyimpang atau melanggar hukum, sehingga dapat berdampak kepada personel maupun satuan. Cintailah anak buahmu, sehingga anak buahmu mencintaimu,” Pintanya.

“Kepada seluruh Prajurit Kodim 1512/Weda, saya berpesan agar dalam setiap pelaksanaan tugas senantiasa dapat bekerja cerdas dan tuntas serta ikhlas. Selalu libatkan Tuhan dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian kita, sehingga setiap langkah kita selalu diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan selamat serta sukses dimanapun berada,” Perintah Pangdam.

“Saya sampaikan pada kesempatan ini, agar menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan lindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta,” Tutup Pangdam XVI/Pattimura. (Maun)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by