LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Calon Taruna STIMI Ternate Masuki Masa Orientasi

Rabu, 9 September 2020 | 3:55 pm
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 141
Calon Mahasiswa STIMI Ternate (Foto Maun Liputan Malut)

TERNATE,Liputan-Malut.com- Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Indonesia (STIMI) Ternate mulai melaksanakan kegiatan orientasi bagi calon taruna baru angkatan II tahun akademik 2020/2021. Kegiatan orientasi tersebut diikuti 30 orang taruna yang berlangsung mulai Senin (07-12) September 2020 mendatang.

Ketua III STIMI Ternate, DR. Sofyan Abas, MA kepada Redaksi Media ini menjelaskan, kegiatan orientasi ini merupakan wadah pembekalan bagi para calon taruna sebelum memasuki masa perkuliahan.

“Selama masa orientasi mereka digembleng dengan berbagai dasar keilmuan, akademik dan kedisplinan serta pengenalan lingkungan kampus yang akan menjadi bekal mereka selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi,”jelas Sofyan

Menurut Sofyan, kampus sebagai lembaga pencetak lulusan sarjana dituntut untuk melahirkan lulusan yang cerdas, terampil dan profesional, karena itu STIMI Ternate menerapkan orientasi dengan tingkat kedisiplinan tinggi, agar kualitas lulusan kelak bisa memiliki dedikasi dan keterampilan yang maksimal.

“Sebagai perguruan tinggi yang spesifik di bidang kemaritiman, kami memasukkan sedikit unsur semi-militer untuk memperkuat kedisiplinan taruna. Kita memperkuat wawasan kebangsaan mereka sebagai dasar kecintaan mereka terhadap Indonesia sebagai negara maritim, guna menjawab tantangan peluang kerja Maluku Utara sebagai provinsi kepulauan,”tambah Sofyan

Masih menurut Sofyan, pada orientasi kali ini para calon taruna diberikan materi antara lain tentang wawasan kebangsaan dan bela Negara, pengenalan program studi dan akademik, serta perspektif kemaritiman Maluku Utara dan penyediaan SDM unggul.

“Orientasi sendiri akan diakhir dengan materi dasar pembinaan mental (Madabintal) yang dipusatkan di Pangkalan TNI angkatan Laut Ternate. Selain dari internal STIMI Ternate, orientasi calon Taruna kali ini juga menghadirkan pemateri dari luar, yakni Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Utara Buyung Radjiloen, Ikatan Alumni Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhannas Malut serta dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate,”cetusnya

Sofyan bilang, 30 orang calon taruna yang mengikuti orientasi ini, terdiri dari 19 orang taruna putra dan 11 taruna putri. Setelah mengikuti orientasi, para calon taruna ini akan diterima secara resmi dalam suatu upacara pelantikan, yang akan dilaksanakan pekan depan.

“STIMI Ternate merupakan perguruan tinggi di Maluku Utara yang khusus mencetak sarjana jenjang Strata 1 (S1) bidang kemaritiman. Kampus ini secara resmi melaksanakan kegiatan perkuliahan sejak Oktober 2019, setelah mengantongi izin resmi dari pemerintah melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” tutupnya (Maun)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer