LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Halut Kembali Diguncang Gempa Bumi 4,3 Magnitudo

Rabu, 19 Januari 2022 | 6:56 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 218
Gempa bumi tektonik yang menggucang Halut 4.3 Magnitudo (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Gempa Bumi tektonik 4.3 Magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara (Malut) pada Rabu (19/01/2021) sekitar pukul 71.16 Wit.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan 4.3 magnitudo, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.47 LU dan 127.90 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 30 km arah Barat Daya Tobelo dengan kedalaman 1 km. Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal.

Gempa bumi ini dirasakan di Tobelo getaran dirasakan nyata dalam rumah. Sementara itu, hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi.

Kepala BPBD Halut Abner Manery kepada media ini mengatakan, bahwa gempa bumi yang terjadi masih dalam kategori gempa yang biasa dan dipastikan tidak menyebabkan kerusakan. 

“Getaran masih terjadi tetapi masih terlalu kecil sehingga tidak menyebabkan kerusakan, pasalnya sampai sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat,” jelasnya, Rabu (19/01/2022).

Dijelaskannya, gempa bumi ini lebih banyak dirasakan diarah Tobelo Barat dan Kao Barat.

“Seperti di desa Wangongira telah diberikan edukasi sehingga mereka tidak terlalu panik namun tetap waspada jika sekali-kali ada gempa,” terangnya.

Sedangkan dalam rencana yang telah dijadwalkan BPBD Halut, bahwa pada Minggu depan akan dibagikan bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan akan dibantu membangun gereja sementara seperti di desa Wangongira, Kai dan Soamaetek.

“Akan dibangun gereja sementara, pasalnya bangunan sudah terlihat retak dan ditakutkan ambruk sewaktu-waktu jika terjadi gempa,” tuturnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer