LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

TNI AD Menyatu Dengan Alam, TMMD Ke-120 Tahun 2024 Pangdam XV/Pattimura Tanaman Mangrove

Jumat, 7 Juni 2024 | 6:01 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 44

HALUT, Liputan-Malut.com – Panglima Kodam XV/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, memimpin kegiatan penanaman mangrove di wilayah Halmahera Utara sebagai bagian dari program TMMD Ke-120 Tahun 2024 dan pelestarian lingkungan yang gelar Kodam XV/Pattimura yang dipusatkan di Desa Mamuya Kecamatan Galela, Kamis (06/06/2024) kemarin.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam mendukung upaya pelestarian alam dan pemeliharaan ekosistem pesisir yang sangat penting bagi keseimbangan lingkungan.

Penanaman mangrove sebanyak 1.000 Pohon ini merupakan langkah nyata TNI dalam mencegah abrasi pantai dan meningkatkan keanekaragaman hayati di kawasan pesisir. Selain memberikan manfaat ekologis, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya menjaga ekosistem mangrove.

Dalam kegiatan ini Pangdam XV/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, didampingi Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga Kusumawide, Aster Kasdam XV/Pattimura Kolonel Kav Suteja, Kabekangdam XV/Pattimura Kolonel Cba Mustadir Abduh dan Dandim1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait.

Mayjen TNI Syafrial dalam sambutan mengatakan bahwa pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, masyarakat semakin menyadari pentingnya mangrove bagi keberlanjutan lingkungan dan mendukung upaya pelestarian yang kita lakukan bersama,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kodam XV/ Pattimura ini mengatakan program penanaman mangrove ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat, serta memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup demi masa depan yang lebih baik, Kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita semua.

“Mangrove memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem pesisir, mencegah abrasi pantai, dan meningkatkan keanekaragaman hayati. Dengan menanam mangrove, kita tidak hanya melestarikan alam, tetapi juga melindungi kehidupan masyarakat pesisir dari dampak perubahan iklim,” jelasnya.

Lanjut dikatannya, pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Melalui program ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, baik dari kalangan pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum, untuk bergandengan tangan dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian alam. Kita harus menyadari bahwa upaya kecil yang kita lakukan hari ini, akan memberikan manfaat besar bagi generasi mendatang.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi program-program pelestarian lingkungan lainnya. Mari kita tanamkan semangat cinta lingkungan di hati kita masing-masing dan wujudkan melalui tindakan nyata, Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati setiap langkah kita dalam menjaga dan melestarikan alam,” ajaknya.

Sementara Bupati Halut yang di Wakili Sekda E.J Papilailya dalam sambutan memgatakan mewakili Bupati Halmahera Utara, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pangdam XV/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, beserta seluruh jajarannya atas prakarsa dan pelaksanaan program pelestarian lingkungan melalui penanaman mangrove di wilayah kita ini.

“Program ini sangat penting dan bermanfaat, terutama dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir serta mencegah abrasi pantai yang kian mengkhawatirkan,” ucapnya.

Sekda mengatakan bahwa mangrove bukan hanya sekedar tumbuhan, melainkan benteng alami yang melindungi pantai kita dari erosi dan badai, serta habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Dengan menanam mangrove, kita turut menjaga keanekaragaman hayati dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari, Saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat Halmahera Utara untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program ini. Mari kita jaga dan rawat bersama apa yang telah kita tanam hari ini, demi masa depan yang lebih baik dan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

“mewakili Bupati Halut, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi langkah awal bagi berbagai program pelestarian lingkungan lainnya di masa mendatang,” katanya. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.