LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kadinkes Akui HIV/AIDS Di KotaTernate Meningkat Setiap Tahun

Kamis, 31 Desember 2020 | 8:02 am
Reporter: Ade Kaidati
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 611
Kadis Kesehatan Kota Ternate Nurbaiti Rajabesi (Foto Ade Kaidati Liputan-malut)

TERNATE,Liputan-Malut.com Kasus HIV/AIDS) di Kota Ternate terhitung dari 2007 hingga Desember 2020 mencapai 563 kasus dari jumlah tersebut tercatat yang sudah meninggal sebanyak 59 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaiti Rajabesi mengatakan, kasus HIV AIDS di Kota Ternate ada peningkatan dari tahun ke tahun dan itu penyalurannya melalui cairan vagina, cairan sperma, air susu, dan darah. Selain itu, bentuk penularannya juga melalui suntikan orang pemakai narkoba dan hubungan seks.

“Rata-rata yang terinfeksi HIV AIDS ini dari umur 21 hingga umur 54 tahun, dan untuk bay 2 orang, pelajar 5 orang, dan juga mahasiswa, jadi hingga 2020 jumlah total yang terinfeksi 563 kasus,”kata Nurbaiti ketika dikonfirmasi, Rabu (30/12/2020).

Ia menuturkan, kasus HIV AIDS ini terinfeksi paling banyak di bagian selatan, dan yang urutan kedua dibagian tengah sementara urutan ke tiga di bagian Utara.

Terkait hal itu Kadinkes menghimbau kepada masyarakat Kota Ternate agar menghindari pergaulan bebas karena kasus HIV AIDS  adalah penyakit sosial.

Jadi, tolong dekatkan diri dengan agama sesuai dengan kepercayaan, jangan suka dengan narkoba karena narkoba juga bagian dari pemicu utama, ingat harus setia dengan pasangan bagi yang sudah berumah tangga, jangan jajan diluar dan masyarakat juga harus utamakan kebersihan,” tambahnya. (Ade)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer