LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Hilang Arah dan Terbawa Arus, Dua Nelayan Morotai Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan

Selasa, 15 Februari 2022 | 1:44 pm
Reporter: Red
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 185

TERNATE,Liputan-Malut.com- Dua Nelayan asal desa Mandiri Kabupaten Pulau Morotai, masing-masing Hasim Abdullah (23) dan Djulfikar Ahsan (39) yang dilaporkan hilang saat keluar melaut mencari ikan pada tanggal 13 Februari 2022 akhirnya di temukan selamat oleh team sar gabungan setelah operasi SAR yang digelar Senin (14/02/2022).

Kepala Basarnas Kota Ternate Muhamad Arafah mengatakan, Pada tanggal 14 Februari 2022, Team rescue unit siaga morotai melaporkan bawah pada pukul 19.25 WIT, korban dapat berkomunikasi dengan keluarga sehingga keluarga melapor ke Tim SAR Gabungan yang berada diposko, selanjutnya Tim berkoordinasi dengan TNI-AL Morotai untuk menggunakan KAL Wayabula melaksanakan pencarian Korban.

Pukul 21.50 WIT, KAL Wayabula bergerak menuju lokasi untuk melaksanakan pencarian. Pukul 03.40 WIT, terima info dari OSC bahwa Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi korban dalam keadaan selamat, pada posisi koordinat 54.28 NM arah Utara dari LKP,

Menurut Arafah, berdasarkan informasi dari korban, penyebabnya karena korban mengalami hilang arah dan terbawa arus hingga arah Utara Pulau Morotai. Selanjutnya team Sar gabungan dengan menggunakan KAL Wayabula mengevakuasi korban menuju ke morotai. Pada tanggal 15 Februari 2022, pukul 09.20 WIT, KAL Wayabula tiba di dermaga Pelabuhan Lastori Morotai, korban selanjutnya di bawah menuju kediaman dan tiba di kediaman pada pukul 10.10 WIT, korban diserahkan ke pihak keluarga dalam keadaan selamat.

Dengan telah ditemukannya korban dalam keadaan selamat, team sar gabungan kemudian melakukan Debriefing bersama keluarga korban dengan kesimpulan bahwa 2 orang hilang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, maka operasi sar dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan kesatuannya masing-masing.

Alut dan Palsar yang digunakan dalam operasi evakuasi korban, KAL Wayabula, Rubberboar Mopel, Palsar Evakuasi, Palsar Medis. Unsur yang terlibat, Tim Rescue Unit Siaga Morotai, Lanal Morotai, Polairud Morotai dan Keluarga Korban bersama masyarakat Desa Mandiri,” (Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer