LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Cuaca Ekstrem, Syahbandar PPI Dufa Dufa Tunda Keberangkatan Kapal Nelayan

Selasa, 22 Februari 2022 | 7:03 am
Reporter: Red
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 303

TERNATE,Liputan-Malut.com- Kondisi cuaca tidak bersahabat dalam beberapa hari terakhir, berdasarkan rilis perkembangan cuaca dari Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Syahbandar Pangkalan Pendaratan ikan (PPI) Perikanan Dufa Dufa Ternate, memberikan himbauan sekaligus menunda pelayaran kapal nelayan yang melakukan operasi penangkapan ikan di perairan Maluku Utara.

Syahbandar PPI Dufa Dufa Ternate Amat.I.S. Maya S.IP. ditemui diruang kerjanya Senin (21/02/2022) mengatakan, dengan mengacu pada rilis perkembangan cuaca dari BMKG Kota Ternate sehinga pihaknya menunda keberangakatan kapal.

Menurutnya, ada dua langkah yang diterapkan oleh syahbandar Perikanan ketika kondisi cuaca tidak bersahabat, diantaranya langkah pencegahan melalui pelabuhan, dengan tidak mengizinkan kapal berlayar, langkah kedua pencegahan ketika kapal berada di fishing ground melalui komunikasi radio dengan menghimbau agar kapal berlindung ke daratan atau pelabuhan terdekat,”ujarnya.

Ia mengatakan, proses penanganan kapal nelayan dan kapal penumpang ketika terjadi perubahan cuaca ekstrem, tentu berbeda karena kapal perikanan ketika melakukan aktivitas di laut, tujuan ke fishing ground atau daerah penangkapan ikan, dengan tujuan port to port,”jelas Syahbandar.

Pihaknya menghimbau kepada nahkoda maupun ABK kapal Nelayan, selalu taat aturan keselamatan pelayaran, ikuti anjuran petugas ketika terjadi cuaca ekstrem, tanguhkan pelayaran, karena lautan sudah cukup banyak menyimpan misteri kematian,”Tegas Syahbandar mengakhiri. (Red)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer