LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pemkab Sula Siapkan Anggaran 700 Juta Untuk Biayai Pilkades 2021

Minggu, 17 Januari 2021 | 12:28 pm
Reporter: Rismit Theapon
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 178
Kabag Pemerintahan Pemda Kepsul Aswin Soamole (Foto Mit Liputan-Malut)

SANANA,Liputan-Malut.com Pemerintah Daerah Kabupaten Kepuluan Sula telah menyiapkan anggaran yang bersumber dari APBN senilai 700 juta untuk persiapan pembiayaan pemilihan kepala Desa tahun 2021 secara serentak di 78 Desa.

Kabag Pemerintahan Pemkab Kepsul Aswin Soamole mengatakan kucuran anggaran ratusan juta tersebut selain pembiayaan struktur panitia dalam mensukseskan kegiatan Pilkades juga termasuk didalamnya  ada keterlibatan Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda),” ujarnya.

Dikatakan, Selain kucuran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang membiayai hajatan pesta Demokrasi tingkat Desa, diperbantukan juga dengan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (ABPBDes) sesuai Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, untuk itu APBDES wajib menganggarkan dana pilkades dan bukan atas kemauan Pemerintah Daerah tetapi berdasarkan musyawah ditingkat Desa.

“Anggaran Pilkades yang ditanggung oleh Desa sesuai dengan surat edaran menteri bukan maunya Pemerintah Daerah, disinilah yang membuat kita terbantu,”jelasnya.

Sementara disentil soal anggaran Pilkades tahun 2019 senilai 500 juta namun Pilkades tidak bisa dilaksanakan Aswin mengaku anggaran tersebut telah dikebalikan ke kas Daerah” tutupnya. (Mit)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer