LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Universitas Nurul Hasan Dan 3 Perguruan Tinggi di Maluku Utara Terancam Ditutup

Selasa, 25 Juni 2024 | 1:49 pm
Reporter: TIM
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 496
Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Maluku Utara

TERNATE,Liputan-Malut.com– Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, Dr. Jance Eduard Lekatompessy, mengatakan, terdapat 4 perguruan tinggi di Provinsi Maluku Utara (Malut) belum terakreditasi dan terancam dihapuskan. Pasalnya, 4 Perguruan tinggi tersebut telah alih kelola dan pengalihan status nama.

“Di Maluku-Maluku Utara kita punya 46 perguruan tinggi dan sekarang ini ada perguruan tinggi yang dialih kelola, sehingga juga memperkecil jumlah yaitu, ada 20 perguruan tinggi di Maluku Utara, dan 26 ada di Maluku. Dari 46 kampus itu, ada 14 yang belum terakreditasi, 4 diantaranya ada di maluku utara yang belum terakreditasi,” kata Kepala LLDIKTI, kepada sejumlah awak media di Bela Hotel Ternate, Sabtu (22/6/2024).

Dr. Jance merinci, 4 perguruan tinggi yang terancam dihapus tersebut ada di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Selatan masing-masing 2 perguruan tinggi. Di kota Ternate yakni Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Ternate dan Sekolah Tinggi Ilmu Maritim (STIMI) Ternate.

Sementara dua perguruan tinggi lainnya yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Selatan yaitu Akademi Kebidanan (AKBID) Nusantara Jaya Halsel dan Universitas Nurul Hasan (UNSAN).

“Kalau kampus Universitas Nurul Hasan itu hasil penggabungan antara sekolah tinggi perikanan labuha dan Politeknik Halmahera yang berkedudukan di Labuha Halmahera Selatan. Jadi 4 Perguruan tinggi ini, segera mungkin terakreditasi Institusi agar terhindar dari penghapusan,” ucapnya mengakhiri (Cr01)

Berita Lainnya