LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Sebagai Ungkapan Rasa Syukur, Pemda Halmahera Utara Gelar Upacara Peringati HUT Kabupaten Ke-21

Jumat, 31 Mei 2024 | 12:34 pm
Reporter:
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 82

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ke-21 yang jatuh pada 31 Mei 2024 bertempat di lapangan upacara Do Omu Matau Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo, Jumat (31/05/2024).

Upacara peringatan HUT Kabupaten Halmahera Utara ke-21 yang dilaksanakan merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas apa yang diberikan dan juga merupakan ungkapan terima kasih kepada tokoh-tokoh pemekaran. Peringatan ini juga merupakan momen yang sangat istimewa sebagai wujud rasa syukur dan kebanggaan atas perjalanan dan pencapaian yang telah kita raih bersama untuk daerah ini.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Halut Ir. Frans Manery, Perwira Upacara Staf Ahli Bupati Bapak Wenas Rompis, Komandan Upacara Kadis Dukcapil Kab. Halut Hernever Djandua dan Pembaca naskah peresmian Kabupaten Halmahera Utara Sekretaris Daerah Drs. EJ. Papilaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Halmahera Utara . Ir. Frans Maneri beserta Ibu, Ketua DPRD Halmahera Utara Bpk. Janlis Gehenuang Kitong, Sekda Halut Drs. E.J Papilaya beserta Ibu, Dandim 1508 / Tobelo Letkol Inf. Davit Sutrisno Sirait S.E beserta Ibu, Kapolres Halmahera Utara AKBP Zulfikar Iskandar S.I.K beserta Ibu, Kepala Kejaksaan Negeri Tobelo Muhammad Ahsan Thamrin S.H, M.H., Kajari Halut Muhamad Ahsan Tamrin S.H.M.H, Kepala kantor  pertanahan Halut M Imron. Apth, Kepala Imigrasi Halut Mohammad Andri Budiman, Wakil ketua I DPRD Halut Hi. Samsul Bahri, Wakil Ketua II DPRD Halut Inggrid Paparang, Ketua KPUD Halmahera Utara Abdul Djalil Djurumudi, SE. M.AK, Dan Pos A-L Tobelo Lettu Marinir Antonius Dwi Handoko, Danki I Yon A Pelopor Brimob Maluku Utara Ipda Moch Thilio Bintang Onasis S.TR.K, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Bupati, Para pimpinan OPD lingkup pemda Halut, Para ASN, para camat, para kades, Toma, Toga, Toda, Topem, dan ketua Paguyuban.

Inspektur upacara Ir. Frans Manery dalam amanatnya mengatakan kita dapat berkumpul pada hari ini dalam rangka melaksanakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Halmahera Utara yang ke-21 tahun, dimana tema peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Halmahera Utara kali ini adalah “Satukan Karya Kebhinekaan Dalam Bingkai NKRI,” Tema ini sangat relevan dengan kondisi dan semangat kita dalam membangun Kabupaten Halmahera Utara yang lebih baik di tengah keberagaman etnis, budaya, dan agama yang ada, kita harus tetap bersatu padu dalam semangat gotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.

“Saya terlebih dahulu mengajak kita semua mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Halmahera Utara yang Ke-21 Tahun, Semoga dengan hari jadi ini, menjadikan kita semakin bersyukur, serta lebih bersinergi, berkoordinasi dan berkolaborasi bersama untuk terus melaksanakan pembangunan berkelanjutan sebagaimana Visi-Misi dan program prioritas daerah Kabupaten Halmahera Utara,” ajaknya.

Dikatakannya, Kabupaten Halmahera Utara yang saat ini telah memasuki usia yang ke-21 tahun memiliki rentetan sejarah yang cukup panjang sejak berdiri sampai dengan saat ini, kita juga tidak boleh melupakan jasa para pendahulu kita yang memperjuangkan pembentukan Kabupaten Halmahera Utara.

“Apa yang sudah diraih hingga memasuki usia yang ke-21 tahun ini, menjadi ucapan syukur dan menguatkan komitmen Pemerintah Daerah bersama seluruh komponen masyarakat untuk terus maju. Sebagai sebuah Kabupaten kita terus terus berbenah dan membangun walau kita sadari tidak dapat terlepas dari berbagai persoalan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Halut ini juga mengatakan bahwa tantangan, hambatan dan rintangan yang selalu ada Ibarat kapal yang telah jauh mengarungi lautan, tantangan ombak dan badai yang dihadapi, semakin menjadikan Kabupaten Halmahera Utara terus kokoh dan tangguh hingga mencapai pelabuhan kesejahteraan yang diinginkan.

“Di tiga tahun terakhir ini, dimana telah terjadi perubahan skema beranggaran yang mengakibatkan kehati-hatian dalam menentukan urgensi pembiyaan daerah maka, saya mengharapkan untuk kita semua terus meningkatkan kinerja bekerja serta tata kelola keuangan secara efektif dan efisien guna kesinambungan pembangunan daerah sebagaimana yang diharapkan,” jelasnya.

Bupati juga mengatakan bahwa tagline saya “Tuliskan apa yang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang kamu tulis” menjadi semangat dan komitmen kita untuk berprogram dari mulai merencanakan sampai pada pelaksanaan, monitoring dan evaluasinya dilaksanakan secara Tertib, Akuntabel dan Transparan sesuai asas dan prinsip pemerintahan yang mempedomaninya.

Seiring berjalannya waktu dan menggapai usia yang ke-21 Tahun ini maka, berbagai penghargaan juga telah diraih. Baik penghargaan dari berbagai lembaga pemerintah dan swasta yang membuktikan bahwa Kabupaten Halmahera Utara mampu berprestasi sejajar dengan daerah lainnya. Misalnya saja dalam hal pengelolaan keuangan, menuju usianya yang ke-21 tahun ini, Kabupaten Halmahera Utara sejak tahun 2016 telah delapan kali berturut turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Dalam hal pelayanan publik, lanjut dikatakannya Kabupaten Halmahera Utara melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Dinas PTSP, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga mendapat Penghargaan Pelayanan Publik terbaik, dari Ombudsaman RI Perwakilan Maluku Utara. Juga Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik mendapatkan nilai terbaik dari KemenPANRB. Adapun aspek area perubahan yang dilakukan oleh MCP KPK terdapat berbagai indikator yang sudah semakin baik dalam upaya/tindak pencegahan korupsi.

“selain ungkapan syukur tentunya banyak harapan yang ingin kita wujudkan di masa depan. Banyak program kerja dan kegiatan dari pemerintah daerah kita letakan dalam skala prioritas sejalan dengan kemampuan fiskal daerah. Oleh karena itu, Saya mengajak kita semua untuk kompak dan bersinergi bersama, serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkannya. Direntang waktu tahun terakhir dari dua periode kepemimpinan saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati Halmahera Utara berbagai karya bakti telah kami lakukan untuk membangun daerah tercinta ini ke arah yang lebih baik, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Halmahera Utara,” terangnya.

Ditambahkannya, semoga semua yang telah dilakukan dan yang akan terus dilakukan senantiasa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Halmahera Utara. Mari kita jadikan peringatan hari ulang tahun ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam membangun daerah yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan. 

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-21 tahun Kabupaten Halmahera Utara yang. Semoga Halmahera Utara semakin maju, adil dan sejahtera,” ucapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Tarian kolosal, Pemotongan tumpeng serta pemberian piagam kepada para Babinsa dalam keberhasilan menangani stanting di Kabupaten Halmahera Utara. (Willy)

Berita Lainnya