LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Pj Bupati Halmahera Utara Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 6:16 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 97
Peringatan hari santri nasional di halut (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Penjabat Bupati Muhammad Irwanto Ali SE.M.Si., menghadiri peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 Kabupaten Halmahera Utara, yang di gelar di lokasi Sekolah Menengah Atas (SMA)  Alkhairat Tobelo, Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo Kamis (22/10/2020).

Peringatan Hari Santri Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden RI No.22 Tahun 2015, merupakan penghargaan pemerintah terhadap peran para ulama dan santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan RI, dan diperingati secara nasional.

Pj Bupati Halut  Muhammad Irwanto Ali SE.M.SI dalam  kesempatan tersebut mengatakan, Secara Pribadi momentum ini sangatlah penting dan bermakna karena dirinya dapat bertatap muka dan bersilaturahmi secara langsung dengan para santri,Tokoh agama serta masyarakat yang terlibat langsung dalam kegiatan ini .

Menurutnya ditetapkanya hari santri nasional adalah untuk mengingat, menghargai serta mengapresiasi peran historis para santri dalam memperjuangkan dan  menjaga keutuhan NKRI.

“Santri pun menjadi aset bangsa yang luar biasa karena kemampuannya dalam menjaga karakter bangsa sekaligus melakukan transformasi untuk memainkan peran historis dan strategis dalam pembangunan  dan kemajuan pada masa depan ,” ucap Irwanto .

Ia juga menambahkan bahwa santri harus mampu melihat konteks dan realita dalam masyarakat karena pada dasarnya budaya santri yaitu moralitas dan intelektualitas Islam itu sendiri . Sebagai agen perubahan kita memang berkewajiban memahami bentuk masyarakat yang akan kita hadapi .

“di Momentum hari santri nasional pada hari ini perlu kita  transformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan , Saat ini santri juga hidup di tengah dunia digital yang tidak bisa di hindari , untuk itu santri perlu memanfaatkan teknologi internet sebagai media dakwah dan sarana menyebarkan kebaikan dan kemaslahatan serta mereduksi peggunaaanya yang tidak sejalan dengan upaya menjaga agama,jiwa,nalar harta ,keluarga dan martabat seseorang.

Selanjutnya, menutup sambutanya Pj  Bupati Halut  M. Irwanto Ali , S.E., M.Si  mengatakan atas nama pribadi serta  Pemerintah Kabupaten Halmahera utara  mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2020 semoga para santri dapat membangkitkan semangat jiwa yang jujur, kesederhanaan untuk masa depan agama dan bangsa Indonesia .

” Mari jadikan semangat Hari Santri Nasional ini, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga  toleransi serta senantiasa bersikap bijak dan selalu berpikir positif dalam menyikapi berbagai dinamika yang berkembang saat ini, agar Kabupaten Halmahera Utara yang kita cintai ini dapat senantiasa aman, agamis, maju, dan sejahtera,” pungkasnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer