LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kodim 1508/Tobelo Gelar Donor Darah TNI-Polri Dalam Rangka Hari Juang TNI AD Ke-77

Rabu, 14 Desember 2022 | 6:40 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 355

HALUT, Liputan-Malut.com – Menyambut Hari Juang TNI AD Ke-77 Tahun 2022, Kodim 1508/Tobelo menggelar kegiatan bakti sosial donor darah TNI-Polri, bertempat di aula Kodim 1508/Tobelo Jalan Kawasan Pemerintahan Desa MKCM Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (14/12/2022).

Donor darah ini diikuti antara lain Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, Wakapolres Halut Kompol Andreas Adi Febrianto A,md,S.I.K, para Perwira Kodim 1508/Tobelo, Pasi Ter Satgas Yon Arhanud 3/Yudha Buana Yakca Letda Arh Prawoto, Dan Sub Den Pom XVI-I/I Tobelo Letda Cpm Habibie Phonan,S.Sos, Ketua Transfusi darah RSUD  Tobelo Spesialis Patologi Klinik dr. Jeine Stela Akualing, SpPK, personel Kodim 1508/Tbl, personel Satgas Yon Arhanud 3/Yudha Buana Yakca, personel Polres Halut, personel Sub Den Pom XVI-I/I Tobelo, ibu-ibu Persit KCK Kodim 1508/Tbl, perwakilan Perbankan, Tim Kesehatan RSUD Tobelo.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait,S.E, mengatakan, bahwa kegiatan bhakti sosial donor darah merupakan wujud kepedulian TNI AD terhadap permasalahan yang ada ditengah masyarakat, terutama kebutuhan darah yang diperlukan oleh warga masyarakat, dahulu para pejuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk bangsa dan negara.  Saat ini negara sudah merdeka maka masih banyak yang bisa dilakukan dalam mengabdi salah satunya dengan menyumbangkan darah untuk masyarakat seperti yang dilakukan saat ini.

“Setetes darah yang kita donorkan, dapat menyelamatkan jiwa orang lain yang sedang membutuhkan. Selain itu, donor darah ini juga akan membuat sehat bagi pendonor itu sendiri karena tubuh pendonor akan kembali memproduksi darah baru, sehingga kondisi kesehatannya akan semakin baik,” ujarnya.

Dandim berharap, kegiatan positif seperti ini dapat terus ditingkatkan, agar dapat menggugah hati masyarakat pada umumnya dan keluarga TNI pada khususnya, untuk senantiasa berempati terhadap berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

Sementara Ketua Transfusi Darah RSUD Tobelo Spesialis Patologi Klinik dr.Jeine Stela Akualing, SpPK mengatakan, kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa karena kami masih di beri kesempatan untuk bersama- sama bapak ibu yang masih memiliki kerelaan dan motifasi untuk membantu sesama melalui kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Juang TNI-AD yang ke 77 tahun 2022.

Ia juga mengatakan sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak, tentu saja kerja sama dari pihak RSUD Tobelo dengan pihak Kodim 1508/Tobelo bukan baru kali ini saja, akan tetapi sudah berkali- kali dan kami sangat merasa terbantu dari partisipasi dari bapak ibu sekalian.

“Kami dari RSUD Tobelo sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk salah satu yang cukup lengkap di Maluku Utara, kami bisa membuat komponen- komponen seperti tranfusi sel darah merah ataupun trombosit,” ujarnya.

Ditambahkannya,Kami juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap dalam hal penyimpanan darah dan hal tranfusi darah. Tentu saja salah satu yang masih kurang yaitu hal tersedianya animo atau antusian dari pendonor sukarela.

“Jadi dengan kata lain jumlah pendonor sukarela yang mau mendonorkan darah secara sukarela di unit tranfusi darah masih kurang dan saya rasa masih sama dengan daerah- daerah yang lain. Untuk itu kami sangat terbantu oleh TNI dan POLRI yang selama ini selalu siap siaga jika pasien yang membutukan darah,” katanya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by