LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Karyawan Tambang Emas Gosowong Antusias Salurkan Hak Pilihnya Melalui TPS Loksus NHM

Sabtu, 24 Februari 2024 | 6:58 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 109

HALUT, Liputan-Malut.com – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terus mendukung keberhasilan dan netralitas pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan menjunjung tinggi Asas Langsung dalam Pemilu sesuai prosedur serta ketentuan yang berlaku. Sejalan dengan hal tersebut, Manajemen NHM mendukung penyelenggaraan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus (Loksus) NHM di Tambang Emas Gosowong sebagai salah satu bentuk upaya menjembatani karyawan dalam berpartisipasi menyalurkan hak suaranya.

Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari 2024 ini, diikuti ratusan karyawan yang terdiri dari karyawan lokal maupun nasional yang juga telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) pada Loksus NHM. Mereka dapat memberikan hak suaranya melalui 4 TPS Loksus NHM di Gosowong yaitu TPS 901, 902 yang bertempat di Gedung Serba Guna, kemudian TPS 903 dan 904 di area lapangan Sepak Bola, dengan persyaratan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Undangan/Formulir yang telah dibagikan oleh pihak penyelenggara.

Hadir langsung di Tambang Emas Gosowong Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Utara (Halut), Ircham Puni & Abdul Djalil, Anggota KPU Maluku Utara (Malut), Reni Syariffudin, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Malut, Rusni Ibrahim. Keesokan harinya, Kamis (15/02/2024), pada proses pelaksanaan penghitungan surat suara, Ketua Bawaslu Halut, Ahmad Idris bersama Anggota Bawaslu Halut Jenfanher Lahi juga hadir memonitor proses tersebut.

“Manajemen NHM terus menjalin koordinasi yang erat dan terbuka dengan para pemangku kepentingan yaitu KPU Kabupaten Halut dan Provinsi Malut, serta Bawaslu setempat, sehingga penyelenggaraan Pemilu pada Loksus NHM di Gosowong dapat terlaksana dengan lancar. Manajemen NHM mendukung netralitas dalam Pemilu dengan menjunjung tinggi Asas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil),” ujar General Manager Plannings & Productions, Kiki Kosmara.

Setelah dilakukan perhitungan dan evaluasi, Bawaslu Halut merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu TPS Loksus NHM, yaitu TPS 903. Alhasil, pelaksanaan PSU pada TPS 903 NHM diselenggarakan pada Rabu (21/02) di Gedung Serba Guna Gosowong. Hadir langsung tim supervisi dan monitoring Bawaslu RI, Ketua KPU Provinsi Malut, Pudja Sutamat dan Anggota Bawaslu Malut, Rusly Saraha, untuk menyaksikan langsung jalannya PSU di NHM. Selain itu terlihat juga anggota KPU Halut, Bawaslu Halut dan perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halut Anwar S Kabalmay selaku Kepala Badan Kesbangpol.

Menurut Anggota KPU Halut Divisi Teknis, Sefriando Bitakono, pelaksanaan PSU di TPS Loksus NHM telah sesuai jadwal dan tahapan yang tertuang dalam keputusan KPU, yang mana peserta pemilih yang melakukan pencoblosan pada PSU tersebut adalah mereka yang terdaftar dalam DPT maupun DPTb loksus NHM. Pelaksanaan PSU TPS Loksus NHM ini hanya untuk pemilihan Calon Presiden & Calon Wakil Presiden.
Berjalannya PSU di NHM juga mendapat respon baik dan apresiasi dari Bawaslu Halut. NHM telah memaksimalkan pelayanan dan fasilitas pelaksanaan Pemilu 2024 demi menjunjung tinggi asas Luber Jurdil dan memperjuangkan hak suara bagi seluruh karyawan. Ketua Bawaslu Halut, Ahmad Idris, juga mengapresiasi bahwa berdasarkan hasil pengawasan di lokasi PSU di TPS NHM telah berlangsung aman dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by