LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

“Gosowong Bersyukur” Menjadi Momen Refleksi atas Segala Pencapaian PTNHM

Rabu, 8 Februari 2023 | 11:34 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 524

HALUT, Liputan-Malut.com – PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) menyelenggarakan acara bertajuk “Gosowong Bersyukur” pada Kamis, 2 Februari 2023 di area Tambang Emas Gosowong. Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan apresiasi setinggi-tingginya atas segala kerja keras dan pencapaian seluruh karyawan dan mitra kerja, serta semua pihak yang telah mendukung penuh perjalanan PTNHM seperti pimpinan daerah, tokoh adat, tokoh masyarakat hingga wartawan media lokal.

Ramdani Sirait mengatakan, bahwa PTNHM menjamu tamu undangan dengan penuh kehangatan dan rasa kekeluargaan, yaitu para petinggi daerah seperti Gubernur Maluku Utara Bapak Abdul Ghani Kasuba, Bupati Halmahera Utara Bapak Frans Manery, Bapak Pangdam Pattimura Mayjen TNI H. Ruruh Aris Setyawibawa, Ketua DPRD Maluku Utara Bapak Janlis Kitong, Bapak Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, tokoh adat lingkar tambang, perwakilan kepala desa, perwakilan wartawan dari PWI dan AWPI Halmahera Utara. 

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Presiden Direktur PTNHM Bapak Haji Robert Nitiyudo Wachjo, Direktur Operasional PTNHM sekaligus Wakil Presiden Direktur Petrosea, Bapak Rafael Nitiyudo, Wakil Direktur Utama PTNHM, Amiruddin Hasyim, Direktur Utama Antam, Niko Kanter, Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan, Chief Financial Officer Petrosea, Ruddy Santoso, Komisaris Petrosea, Jenderal Pol (Purn) Drs. Sutanto dan Prof Dr. Supandi.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan Bapak Haji Robert yang begitu terharu dan bersyukur dengan kegigihan dan semangat para karyawan sehingga Tambang Emas Gosowong bisa terus hadir memberikan manfaat di tengah masyarakat. Ia juga menceritakan bagaimana perjuangan selama menghadapi Covid-19 dengan berkolaborasi bersama masyarakat dan pemerintah setempat. Kegiatan kemudian dimeriahkan juga oleh penampilan tari-tarian khas daerah Maluku Utara seperti Tari Cakalele, Tarian Tide-tide hingga penampilan tim musik Yanger, yang semuanya dibawakan oleh karyawan dan mitra kerja PTNHM.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba pada acara tersebut menyampaikan rasa kagumnya dengan kegigihan Bapak Haji Robert saat akan mengambil alih saham PTNHM dari kepemilikan Newcrest Mining Ltd.

“Ketika dulu Bapak Haji mendatangi saya untuk mengelola PTNHM, saya katakan PTNHM sudah mau tutup. Akan sulit untuk mengelolanya kembali. Tapi ternyata beliau sangat gigih terus mencoba dan sekarang kita semua gembira karena eksplorasi yang dilakukan PTNHM, telah ditemukan cadangan emas baru di tambang ini, membuat umur PTNHM lebih lama lagi. Ini menggembirakan untuk Maluku Utara,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Bupati Halut Frans Manery, dimana Kabupaten yang dipimpinnnya juga menyambut baik penemuan cadangan emas baru tersebut, dan meminta semua pihak untuk saling mendukung agar tambang Gosowong tersebut memberi manfaat bagi semua orang terutama di Halmahera Utara.

Pada hari yang sama, Bapak Haji Robert beserta jajaran manajemen PTNHM dan Dewan Komisioner PTNHM telah meresmikan beberapa proyek besar yang sedang digarap. PTNHM meresmikan pabrik pengolahan bijih baru SAG Mill #4 yang bertujuan meningkatkan kapasitas produksi. Diresmikan pula proyek Dry Stack Tailing yang merupakan pabrik pengolahan limbah dengan teknologi sangat canggih sehingga hasil limbah produksi akan bisa dimanfaatkan masyarakat dengan aman. PTNHM juga meresmikan Jembatan Shallut yang akan sangat mempermudah akses dan mobilitas kegiatan penambangan di Tambang Bawah Tanah Shallut. Jembatan Shallut merupakan hasil kolaborasi PTNHM bersama PT Petrosea.

Selama kurang lebih 3 tahun PTNHM dikelola Indotan Group yang dipimpin Bapak Haji Robert, telah banyak perkembangan baik di dalam mau pun di luar perusahaan. Kesejahteraan karyawan ditingkatkan, baik dari segi pendapatan, dan juga fasilitas di Tambang Gosowong. Hal ini yang memompa semangat para karyawan, termasuk juga karyawan perusahaan mitra kerja, untuk bekerja keras mencapai produksi maksimal. Selain itu taat membayar pajak dan kewajiban lainnya menjadi bentuk pengabdian PTNHM untuk daerah. Belum lagi berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program PPM yang dikelola tim Social Performance PTNHM dan program kemanusiaan Haji Robert Peduli yang merupakan inisiatif langsung dari Bapak Haji Robert. Semua program ini dijalankan untuk terus menyejahterakan masyarakat lingkar tambang. Maka dari itu, selama PTNHM masih berdiri dan terus menebar manfaat selalu diiringi dengan rasa syukur yang luar biasa. PTNHM senantiasa  menjalankan semua aktivitas produksi dan sosial dengan semangat “Menambang dengan Hati.” (Willy)

Berita Lainnya

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by Velocity Developer