LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Dishub Halut Bakal Sediakan Kapal Dan Bangun Pos Pemantau Kali Tiabo

Rabu, 27 Januari 2021 | 8:20 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 285
Kepala Dishub Halut, M. Ikram Baba (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Pasca banjir yang terjadi belum lama ini sehingga memutuskan akses jalan di Kali Tiabo, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) bakal membangun 1 (Satu) unit Pos khusus untuk memantau aktifitas angkutan sungai yang menggunakan rakit di Kali Tiabo.

Kepala Dishub Halut, M. Ikram Baba mengatakan, terkait pembangun pos, hal ini sudah disampaikan dan telah ditindaklanjuti dengan penyediaan pos jembatan kali tiabo. Dimana pos tersebut ditempatkan staf yang melakukan pengawasan sehingga tidak ada pengenaan tarif bagi masyarakat baik yang menuju Galela Utara-Loloda Utara dan sebaliknya.

“Jadi pembuatan Pos Kali Tiabo ini atas perintah bupati, untuk memantau aktifitas masyarakat yang menyeberang” ungkapnya kepada wartawan seusai rapat, Rabu (27/01/2021).

Kadis menjelaskan, penempatan petugas Dishub dilakukan lewat pembagian sift. Selain itu, penerangan juga dalam beberapa waktu ini akan dipasang sehingga mempermudah masyarakat dalam beraktivitas. 

“Disana juga disiapkan penerangan sehingga masyatakat lebih leluasa dalam beraktivitas. Penjagaan post akan dibagi 3 sift setiap sift dengan masing – masing sebanyak 2 orang.Awalnya dirancangkan pasang kabel untuk penerangan tetapi perhitungan lebih baik lampu tenaga surya sehingga sementara dalam perjalanan kemudian dipasangkan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk mempermudah masyarakat dalam membawa hasil pertanian dalam waktu dekat sudah tersedia kapal yang akan melayani dibagi dalam 2 titik.

“Saya bersama Camat dan Kepala Desa sudah membicarakan kaitan hal ini. Dimana KUPP Pemda menentukan titik dan untuk  pelayanan kapal sendiri akan dilakukan di titik pertama Galela Utara tepatnya di deesaa Salimuli dan Loloda Utara. Hal ini dilakukan sehingga mempermudah masyarakat mengangkut hasil pertaniannya,” ujarnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer