LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Dinas Pertanian Halut Bersama Kodim 1508/ Tobelo Serahkan Alsintan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Rabu, 3 Juli 2024 | 6:11 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 194

HALUT, Liputan-Malut.com – Dalam upaya mendukung peningkatan produksi pertanian dan penambahan areal tanam (PAT), Dinas Pertanian bersama dengan Kodim 1508/Tobelo melaksanakan kegiatan penyerahan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Tahun 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja para petani di wilayah tersebut. Penyerahan dilakukan di Dinas Pertanian Desa Gura, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (03/07/2024).

Penyerahan Alsintan ini dihadiri oleh Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf. David Sutrisno Sirait.S.E, Kepala Dinas Pertanian Bpk. Pithein Onthony SP, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Kab. Halut Idreas Etha, SST, serta sejumlah kelompok tani dari berbagai desa yang ada di wilayah Tobelo. Alat dan mesin yang diserahkan meliputi 16 Unit Pompa Air yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pertanian.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E., menyebutkan, bahwa pihak TNI melalui Kodim 1508/Tobelo akan terus mendukung program-program yang bersifat strategis untuk ketahanan pangan.

“Kami siap membantu petani dalam memanfaatkan alat dan mesin ini, serta dalam kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah ini,” jelasnya.

Sejumlah petani penerima bantuan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Mereka berharap dengan adanya alat dan mesin baru ini, hasil pertanian mereka dapat lebih baik dan mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga serta pasar lokal, dengan adanya kolaborasi antara Dinas Pertanian dan TNI ini, diharapkan target penambahan areal tanam dapat tercapai dan kesejahteraan petani di wilayah Tobelo semakin meningkat.

Pemberian alsintan ini merupakan bentuk kesejahteraan bagi petani khususnya di wilayah Kabupaten Halmahera Utara, karena petani merupakan pahlawan bagi masyarakat, Pimpinan Angkatan Darat dalam hal ini Kasad menyampaikan kepada kami untuk membantu, mendukung dan mensuport pertanian dikabupaten yang ada diwilayah masing-masing masyarakat sejahtera merupakan peran penting bagi para petani, kata Dandim.

“Kita ketahui bersama Pemerintah Pusat meminta kami untuk membantu para petani, negara kita hampir memasuki Krisis pangan kami kodim 1508/Tobelo berupaya untuk membantu para petani yang ada diwilayah Kabupaten Halmahera Utara, para petani dapat mencontoh kepada negara lain dimana dengan negara yang kecil tetapi bisa mengimport beras ke Indonesia, karena petani mereka yang hebat,” jelasnya.

Ia berharap petani dapat memanfaatkan alat ini dengan baik di jaga dan dirawat sehingga petani bisa meningkatkan kesejahteraan di wilayah Kabupaten Halmahera Utara.

“Angkatan Darat membuat perjanjian dengan Menteri Pertanian, kami akan selalu mengatasi kesulitan pertanian dan membantu memberikan sport dan meningkatkan produktivitas pertanian,” tambahnya.

Begitupun Kepala Dinas Pertanian juga berpesan kepada kelompok tani bahwa dari Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara bagi yang menerima Alsintan Pompa Air, jaga dan rawatlah alat ini dengan baik dan dipergunakan untuk padi sawah dan padi ladang, dan jangan mencoba untuk dipergunakan hal yang lain seperti di jual alat tersebut karena Dinas Pertanian bersama Kodim 1508/Tobelo turut mengawasi alat untuk itu tetap menjaganya dengan baik.

“Pemberian oleh Kementrian Pertanian ini untuk demi kesejahteraan petani-petani khususnya diwilayah Kabupaten Halmahera Utara, Mulai diterima Alsintan diharapkan untuk membuat laporan per triwulan ke dinas pertanian, karena kami dinas pertanian akan melaporkan ke Kementrian, dan apabila ada Masalah dan kendala segera berkordinasi dengan dinas pertanian maupun bapak Babinsa setempat,” ucapnya. (Willy)

Berita Lainnya