LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Dandim 1508/Tobelo Ikut Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Jumat, 5 Februari 2021 | 12:10 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 120
Vaksinasi tahap pertama Dandim Tobelo (Foto Willy Parton Liputan-Malut)

TOBELO, Liputan-Malut.com – Dalam rangka kegiatan Pencanangan Vaksin Covid 19 Kabupaten Halmahera Utara, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra ikut serta disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama. Bertempat di Lobi Lantai II kantor Bupati Halmahera Utara Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (04/02/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Halut diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Daearah E. J. Papilaya, Dandim Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Ketua Pengadilan Bpk. I Gusti Ngurah Rama Wijaya, Kepala Kejari Halut I Ketut Terima Darsana, Wakapolres Halut Kompol Wahyu Adi Waluyo, Kabag Ops Polres Halut Kompol Catur Erwin, Kepala Lab PCR Jubhar Cristian Manggibulude, Pimpinan OPD Kabupaten Halmahera Utara, Tokoh agama, awak media.

Dalam sambutannya Bupati Halut diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Daearah E. J Papilaya mengatakan, situasi pandemi COVID- 19 bahkan berdampak pada penutupan sementara tempat-tempat ibadah dan para siswa siswi belajar di rumah. Sementara itu, tingkat kerentanan masyarakat semakin meningkat yang disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 – 2 meter.

“Tanpa intervensi kesehatan masyarakat yang cepat dan tepat, diperkirakan kasus terus bertambah. Oleh karena itu, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya
dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit, yaitu melalui upaya vaksinasi,” katanya.

Lanjutnya, vaksinasi covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi/penularan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan. Pelayanan vaksinasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1-2 meter, sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelayanan Vaksinasi Pada Masa Pandemi,” tuturnya.

Sementara Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengikuti program pemerintah ini dan kita sukseskan sehingga mudah-mudahan wabah covid 19 khususnya di Kabupaten Halmahera Utara ini kita bisa menghadapi kehidupan yang lebih bai, ungkapnya.

“Mungkin untuk efek samping saya rasa tidak ada efek samping khusus khususnya bagi saya, kalau memang nyeri nyeri itu kan biasa namanya kita disuntik, tapi yang lain-lain mudah-mudahan tidak ada efek samping” Ujarnya.

Dandim berharap proses vaksinasi bisa berjalan lancar hingga ke masyarakat. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer