LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bupati Halut Serahkan Piagam Penghargaan Guru Berprestasi Pada Upacara Peringatan Hardiknas dan Otonomi Daerah ke 27

Selasa, 2 Mei 2023 | 6:18 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 407

HALUT, Liputan-Malut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara melaksanakan upacara peringatan hari Otonomi daerah ke 27 dan Perayaan hari Pendidikan Nasional 2023 yang jatuh pada Selasa (02/05/2023).

Dalam Upacara ini dihadiri Bupati Halut  Ir Frans Manery, Wakil Bupati Halmahera Utara Muclis Tapi Tapi S.Ag., Ketua DPRD Halut Janlis Gehenua Kitong, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K., Kajari Halut Muhammad Ahsan Thamrin SH.MH., Sekda Halut Drs E.J. Papilaya, serta para Staf Ahli Bupati, Asisten Bupati, pimpinan OPD lingkup setda Halut dan para ASN

Dalam sambutan Mendagri dan Mentri Pendidikan, dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang di bacakan oleh Bupati Halut Ir Frans Manery mengatakan bahwa pada 02 Mei 2023 dulaksanakan 2 agenda penting secara bersamaan pada upacara bendera saat ini yaitu agenda Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke27 Tahun dengan tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul” dan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.

Dimana Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dalam sambutannya terkait dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-27 tahun menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah (OTDA) dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai memandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi dumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Selanjutnya dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, semua dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” ucapnya.

Perjalanan harus di lanjutkan, perjuangan mesti di teruskan, agar semua pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka.

Menurutnya, dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi l semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang tiga tahun terakhir, dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenarbenarnya dalam belajar dan bercita-cita,” ucap Bupati.

Diketahui, diakhir peringatan 2 moment penting tersebut, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada guru berprestasi oleh Bupati Halmahera Utara. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by