LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Bupati Halut Buka Bimtek Transformasi Pertanian

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:35 am
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 352
Bimtek tranformasi pertanian (Foto WP Liputan Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Bupati Halmahera Utara membuka Bimbingan Teknis (Bimtek)Transformasi Pertanian Tradisional Menuju Pertanian Modern, yang berlangsung di Hotel Greenland Tobelo Desa Gura Kecamatan Tobelo pada Kamis (21/10/2021).

Bimtek yang di inisiasi Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian bekerjsama dengan komisi IV DPR RI Fraksi Golkar bersama Dinas Pertanian Halmahera Utara tersebut di ikuti oleh para petani  dan kelompok tani yang ada diwilayah Halmahera Utara, yang bertujuan untuk memberikan pembimbingan bagaimana mendorong transformasi sistem pertanian tradisional menjadi modern untuk peningkatan kapasitas SDM.

Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery  Dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada pihak direktorat PSP Kementrian pertanian dan komisi IV DPR RI fraksi partai Golkar yang bersedia untuk memberikan pembimbingan bagi para petani halmahera utara.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani halmahera utara untuk lebih berinovasi dalam mengembangkan  pertanian modern yang bertujuan untuk kesejahteraan petani baik kelompok maupun individu,” ucapnya.

Bupati juga mengatakan, bahwa dalam membuat transformasi pertanian tradisional ke modern bukan hanya semata pada alat mesin pertanian yang modern saja tetapi perlu ada ilmu pengetahuan tentang pengelolaan pertanian yang baik  yang harus diberikan kepada petani dan kelompok tani.

ia juga mengingatkan agar petani dalam mencapai produksi maksimal hasil pertanian harus dapat melakukan eksentifikasi lahan dan intensifikasi lahan yaitu perluasan lahan dan pemanfaatan lahan.

Sementara Dirjen PSP Kementrian Pertanian yang di wakili oleh Kordinator Fungsional PSP Kementrian Pertanian Ir. Andi Halu, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa bimtek yang dilaksanakan merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat ntuk dapat membuat perencanaan kedepan tentang kegiatan apa yang dibutuhkan petani dilapangan serta menjadi ajang evaluasi apakah kegiatan yang telah dilakukan tepat sasaran dan memberi dampak yang luas bagi penerima manfaat.

“Kami berharap dengan bimtek ini, kita menjadi lebih memahami tentang pentingnya menjaga keberlanjutan sumberdaya air dan lahan , serta pemanfaatan alat produksi pertanian, pupuk maupun keikutsertaan kita dalam asuransi usaha padi dan ternak untuk menunjang pembangunan pertanian yang mampu mensejahterahkan masyarakat dan menguatkan ketahanan pangan nasional,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Alien Mus yang di wakili oleh Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI Heri Soesanto ,SP,M.Si , Mewakili Dirjen PSP Kementrian Pertanian Ir .Andi Halu MM, Kadis Pertanian Halut Daud ,S.P M.Si, Para pimpinan OPD terkait, Para Kelompok Tani dan para tamu undangan lainnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer