LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Dokumen Pemekaran Wasile Barat Masih Tunggu Evaluasi Pemprov Malut

Rabu, 13 Mei 2020 | 5:21 pm
Reporter: Rafsanjani Rasid
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 397
Kepala Bagian Pemerintahan M. Zulkifli

HALTIM,Liputan-Malut.com – Niat Pemerintah Kabupaten Halmahera timur untuk memekarkan kecamatan bakal tampak nya tidak semudah membalik telapak tangan. Paslanya, sejumlah dokumen persiapan pemekaran Kecamatan baru Wasile Barat Daya, masih di evaluasi oleh Pemerintah Propinsi Maluku Utara.

Kepala Bagian Pemerintahan M. Zulkifli, Kepada wartawan rabu (13/5/2020) mengatakan untuk progres kecamatan baru, Pemerintah daerah sudah mengajukan sejumlah dokumen untuk di evaluasi, sebelum di keluarkannya rekomendasi oleh Gubernur Maluku Utara.

“Ada 4 dokumen yang di evalusi Pemprov yakni dokumen kajian kelayakan pembentukan kecamatan, dokumen studi kelayakan ibu kota kecamatan, Ranperda pembentukan kecamatan wasile barat daya dan Kajian akademik Ranperda pembentukan kecamatan,”ungkap  Zul, sapaan akrab Kabag Pemerintahan.

Dikatakan, sebelum evaluasi rampung di lakukan tim Pemerintah Provinsi akan meninjau lokasi pemekaran kecamatan baru tersebut untuk memastikan kelayakan untuk di mekarkan. “Jadi, agenda itu seyogyannya sudah di lakukan oleh Pemrintah Provinsi, namu masih terkendala pandemi Corona saat ini, makanya mereka masih menunggu,” jelasnya

Mantan Kabid BLH itu juga menambahkan untuk mempercepat proses evaluasi di provinsi, DPRD Halmahera Timur (Haltim) dalam waktu dekat akan berkonsultasi dengan Pemprov melalui biro Pemerintahan. “Kemarin saya sudah di panggil oleh komisi I DPR Haltim terkait perkembangan kecamatan baru ini dan sudah saya sampaikan tahapnnya hingga saat ini,”terangnya

Ditanya terkait kepastian kapan akan di mekarkan, Zul mengaku jika pemerintah daerah sangat optimisi pemkaran akan berlangsung sebelum  tahun 2021 mendatang. “Kita berharap semoga pandemi covid 19   bisa segera berakhir agar proses pembentukan kecamatan ini bisa cepat selesai, sehingga apa yang di cita citakan  masyarakat haltim khususnya  masyarakat wasile selatan, p emerintah Dearah, DPRD bisa segera terwujud,” imbuhnya berharap. (Dany)

Berita Lainnya