LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Desa Kaireu Terpilih Wakili Kabupaten Halsel lomba Kampung KB Tingkat Nasional

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:42 am
Reporter: Zulhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 62

HALSEL,Liputan-malut.com- Kampung KB atau Keluarga Berkualitas Mekar Sari Desa Kaireu Kecamatan Bacan Timur adalah satu dari 81 kampung KB di kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang terpilih mewakili Halsel pada lomba Kampung KB di tingkat Nasional melalui perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara tahun 2022 ini.

Diketahui, Kampung KB merupakan program prioritas BKKBN RI berbasis inovasi yang diinstruksikan oleh Presiden RI tahun 2016 bahwa di setiap kabupaten harus dibentuk 1 kampung KB.

Arahan tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten Halsel melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dengan dicanangkannya kampung KB Pertama di Desa Kubung Kecamatan Bacan Selatan pada tahun 2016. Dilanjutkan dengan pembentukan 30 kampung KB di setiap kecamatan dan pada tahun 2017 selanjutnya juga dibentuk lagi 50 kampung KB pada tahun 2018 sehingga Halsel telah memiliki 81 kampung KB pada tahun 2022 ini.

Kepala DP3A-KB Halsel Karima Nasarudin dikesempatan sambutan nya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Ibu Alvonsina Corneles Koordinator PLKB PNS wilayah kerja Kecamatan Bacan Timur, Kepala Desa Kaireu M. Abubakar Malayu yang luar biasa serta dukungan masyarakat desa setempat dan Camat Bacan Timur atas kolaborasi, koordinasi, dedikasi serta Kerja cerdas nyata yang terintegrasi dalam menghidupkan kampung KB Mekar Sari sehingga berhasil mewakili bumi Saruma dalam lomba kampung KB tingkat Nasional yang bersaing dengan tiga kampung KB yang tersebar di Provinsi Maluku Utara untuk diiukutkan pada lomba Kampung KB tingkat Nasional melalui BKKBN RI.

“Tentunya hal ini menjadi kebanggaan kami di DP3A-KB dan Pemerintah Kabupaten Halsel,” ujar Karima, Selasa (31/05).

Karima mengaku pelaksanaan penilaian Lomba kampung KB diawali dengan Penyambutan oleh Muspika Kecamatan Bacan Timur dan perangkat Desa di pelabuhan Desa kaireu. “Acaranya luar biasa, dan berlangsung di Aula Kantor Desa Kairew yang dibuka Asisten ll Bupati Halsel, Pak Ahmad Radjak,” paparnya.

Menurutnya setelah pembukaan, dilanjutkan dengan acara pokok yaitu penilaian Parameter lomba oleh tim penilai bertempat Sekretariat Kampung KB Mekar Sari. Tim penilai itu kata Karima penilai lomba kampung KB terdiri dari Agus Supardi sub bidang koordinator Penetapan Data Parameter program Bangga Kencana BKKBN RI, Eko Prayitno koordinator bidang Pengendalian Penduduk dan ibu Hj Yun Ibrahim Sub Koordinator Balita, anak dan Lansia dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara.

“Tim penilai kampung KB ini dari BKKBN Pusat dan BKKBN Provinsi Maluku Utara,” ungkap Karima.

Lebih jauh lagi mantan Kepala Dinas Perizinan Halsel itu sangat optimis bahwa Kampung KB Mekar Sari Desa Kaireu dapat menjadi nominator untuk mewakili Maluku Utara pada lomba kampung KB tingkat Nasional.

Bahkan pihaknya berharap kedepan kampung KB lain di Kabupaten Halsel juga bersaing untuk dapat mengharumkan nama Kabupaten Halsel di tingkat Nasional. “Kedepan kampung KB lain di Kabupaten Halsel juga bersaing untuk dapat mengharumkan nama Kabupaten Halsel di tingkat Nasional,” tandasnya.

Sekedar diketahui acara pembukaan penilaian kampung KB Mekar Sari Desa Kaireu dimulai pukul 13.00 WIT berjalan dengan baik, lancar dan penilaian berakhir pada pukul 17.00 wit.

Lebih menarik lagi sebelum dilakukan penilaian, acara tersebut juga berlangsung meriah yakni tim penilai serta rombongan disambut oleh Muspika Kecamatan Bacan Timur, Pemerintah Desa Kaireu serta antusias masyarakat setempat yang berlangsung di Pelabuhan Desa Kaireu (Zul)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer