LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Autentifikasi Data Tim SAR Gabungan, Korban KM. Cahaya Arafah Hanya 11 Orang Tingal 1 Korban Dalam Pencarian

Sabtu, 23 Juli 2022 | 5:28 am
Reporter: Samaun Alkatiri
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 69

HALSEL,Liputan-Malut.com- Berdasarkan data Autentifikasi terbaru dari badan Sar Nasional Basarnas Kota Ternate, dalam proses evakuasi korban KM. Cahaya Arafah yang tenggelam di perairan pulau Tokaka. Memasuki hari kelima dalam proses pencarian tepat Jumat (22/07/2022). Jumlah korban yang tenggelam tercatat 11 orang bukan 13 korban yang diberitakan sebelumnya, dari total keseluruhan penumpang sebanyak 77 orang yang berhasil diselamatkan sebanyak 66 orang,” Jelas Fathur Rahman Kepala Basarnas Ternate.

Fathur mengatakan, operasi SAR pencarian korban KM. Cahaya Arafah kembali dilanjutkan oleh tim sar gabungan di hari ke lima Jumat kemarin, pencarian Tim Sar dibagi menjadi 8 Sru, dengan melakukan pencarian di permukaan dan penyelaman di bangkai kapal KM. Cahaya Arafah.

Ia menambahkan dalam operasi tersebut, terdapat penambahan 2 armada yang terlibat di hari ke lima pencarian, yaitu dari Bakamla Zona Maritim Tengah dan Kapal KNP 358 KSOP Ternate.

Penyelaman dan pencarian di permukaan air dilakukan dari pagi hingga siang hari namun belum menemukan korban. Tim juga telah melakukan penyisiran di dalam bangkai kapal Km. Cahaya Arafah namun tidak terdapat adanya korban.

Pencarian kembali dilanjutkan pada siang hingga sore hari, namun hasil masi nihil sehingga operasi sar hari ke lima dihentikan sementara dan akan kembali dilanjutkan pada hari ke enam.

Setelah dihentikan sementara operasi hari ke lima, pihaknya melakukan pendataan korban ternyata hanya terdapat 11 korban yang tenggelam dalam insiden itu, sehingga korban dinyatakan tingal 1 orang dalam proses pencarian, dari total 10 jenazah yang telah ditemukan sebelumnya.

Tim SAR gabungan akan melanjutkan operasi pencarian tersisa 1 korban yang belum ditemukan pada tanggal 22 Juli 2022 pukul 07.00 WIT. Alut dan Palsar yang digunakan KN SAR 237 Pandudewanata, KP Gamalama XXX-3002, KAL Tidore III-14-11, KRI Teluk Wondama-527, KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854, KN Gajah Laut-404, Kopaska Penyelam TNI AL, LCVP KRI Teluk Wondama-527, Searider KRI Teluk Wondama-527, Sea Rider KN SAR Pandudewanata-237 13. Rubber Boat Unit Siaga SAR Halsel/Bacan, Speedboat BPBD Kab. Halsel, Speedboat KUPP Babang, Long Boat Masyarakat, Palsar Evakuasi, Palsar Medis Palsar Kom.

Unsur Terlibat. Basarnas Ternate, DitPolairud Polda Malut, Lanal Ternate, Guspurla Koarmada III, Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, BPBD Prov Malut, KSOP Ternate, Jasa Raharja, Satjar Kodim 1509 Labuha, Satjar Polres Kab. Halsel, BPBD Kab. Halsel, KUPP Babang, PT. Nabucco Resort, Perangkat Desa dan Masyarakat setempat,” (Maun)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer