LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Kodim 1508/Tobelo Bersama Forkopimda Laksanakan Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak

Senin, 15 Mei 2023 | 8:41 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 413

HALUT, Liputan-Malut.com – Kodim 1508/Tobelo Laksanakan Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI seluruh Indonesia yang di pimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui video conference. Bertempat di Pantai Tanjung Pilawang Desa Gura Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Senin (15/5/2023).

Kegiatan diikuti oleh Bupati Halut diwakili Sekda Halut E. J. Papilaya, Dandim 1508/Tobelo diwakili Kasdim 1508/Tbl Mayor Inf Rusmin Nuryadin,
Kapolres Halut . Zulfikar Iskandar, Kajari Halut diwakili Kasi Pidum bpk Maradona, Wakapolres Halut Kompol Andreas Adi Febrianto, Kadis DLH Pemkab Halut Yudihard Noya, para Perwira Kodim 1508/Tbl, para Perwira Polres Halut, personel Ba/Ta Kodim 1508/Tbl, personel Polres Halut, Kades Gura Bpk.Jansen A. Hamaruku dan masyarakat.

Komandan Kodim 1508/Tobelo yang di wakili Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin dalam sambutannya menyampaikan, mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan penanaman Mangrove ini.

“Penanaman secara serentak yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke untuk melestarikan alam khususnya pesisir pantai agar  terhindar dari abrasi,” Jelasnya.

Dimana hutan mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal, baik dari aspek fisik, ekologi dan ekonomi. Dari sisi fisik, mangrove berakar banyak dan batangnya kokoh mampu mencegah bahaya tsunami, ombak, dan abrasi air laut.

“Serta dari sisi ekologi mangrove berfungsi sebagai filter polusi air dan udara, karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur/limbah dan menyerap polutan/asap dari udara. Mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biak berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya,” ujar Kasdim.

“Harapanya output dari momen nasional ini dapat meningkatkan kesadaran kita bersama dalam menjaga dan merawat kelestarian hutan mangrove, demi kelangsungan pantai,” tambahnya. (Willy)

Berita Lainnya

It seems we can’t find what you’re looking for. Perhaps searching can help.

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by