LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Halmahera Selatan Raih Prestasi Salah Satu Kabupaten Inovatif Di Indonesia

Jumat, 3 Februari 2023 | 5:04 pm
Reporter: Zulhaidir Tuahuns
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 727
Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan (Foto Istimewa Liputan Malut)

HALSEL,Liputan-Malut.com- Kabupaten Halmahera Selatan dibawah Pimpinan Bupati Usman Sidik dan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba kembali meraih prestasi bergengsi sebagai Kabupaten Inovatif di Indonesia.

Pencapaian gemilang ini tertuang dalam keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 000.10/398/BSKDN tanggal 30 Januari 2023.

Berdasarkan surat tersebut, Kabupaten Halmahera Selatan berada pada peringkat terbaik, Kabupaten se-Indonesia dengan Indeks Inovasi Daerah (IID) 45,76 (kategori inovatif) dan tertinggi ke II se- Maluku Utara dan ini prestasi yang sangat luar biasa. 

“Terima kasih kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kabupaten Halmahera Selatan atas kerja kerasnya selama ini. Membangun dengan inovasi – inovasi yang telah dibuat untuk menjadikan kabupaten Halmahera Selatan lebih baik. Dan tidak lupa, terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Halmahera Selatan,” ucap Bupati Halsel H. Usman Sidik, Jumat (3/2/2023).

Menurut Bupati Usman, ini adalah bukti bahwa kabupaten Halmahera Selatan mampu bersaing dengan puluhan kabupaten sehingga mendapatkan predikat paling inovatif lainnya di Indonesia, terutama Kabupaten dan Kota di Maluku Utara.

Kepala Bappelitbangda Halmahera Selatan, Muhammad Thahrim Imam kepada wartawan mengatakan, Kebijakan inovasi daerah oleh kementerian dalam negeri merupakan langkah strategis dalam melihat dan mengukur pengelolaan kinerja pemerintah daerah, baik Provinsi maupun kabupaten kota, karenanya melalui perintah Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik dibentuk tim pengelolaan inovasi daerah TA 2022 yang dipimpin Bappelitbangda.

“Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik lintas OPD kita berhasil menjadi daerah dengan penilaian Inovatif oleh Kemendagri. Walau pada posisi 202 nasional dan peringkat ke 2 level Provinsi Malut, kami sangat senang. Karena baru kali ini kami ikut. Insya Allah ke depan kita akan fokus untuk dapat bersaing dengan kab. Kota lainnya di Indonesia,” ucap Thahrim.

Menurut Thahrim Indeks inovasi daerah adalah, sistem pengukuran dan penilaian terhadap penerapan pembaharuan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri, sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangan daerah,” pungkasnya (Zul)

Berita Lainnya

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by Velocity Developer