LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

Personel Dan Persit Koramil Wilayah Pulau Morotai Terima Sosialisasi Kanker Dari YKKI

Jumat, 18 Maret 2022 | 2:11 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 557

MOROTAI, Liputan-Malut.com – Personel dan Persit Koramil 1508-05/Daruba, Koramil 1508-06/Bere Bere dan Koramil 1508-07/Wayabula menerima sosialisasi tentang kanker oleh Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) cabang Ternate. Bertempat di pendopo Koramil 1508-05/Daruba Desa Daruba Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai, Jumat (18/03/2022).

Dalam sambutannya Ketua Persit Ranting VI/Koramil 1508-05/Daruba ibu Eunike Putu Artana Jaya mengatakan, hari ini kita berkumpul di sini selesai melaksanakan kegiatan rutin setiap Jumat Senam Sehat. Dalam kegiatan ini di rangkaikan dengan sosialisasi Kanker oleh Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) cabang Ternate.

“Berharap kepada yang hadir setelah menerima penyuluhan tentang kanker ini, diharapkan untuk pengurus Persit yang mengikuti kegiatan ini dapat menyebarluaskan kepada seluruh anggota Persit yang lain tentang kanker, bahayanya, cara mencegah, pendeteksiannya dan pengobatannya,” ungkapnya.

Dalam materinya, Ricka Amd.Keb mengatakan, kami dari yayasan kesehatan kanker Indonesia setiap 2 tahun sekali selalu melakukan kegiatan sosialisasi di seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten Pulau Morotai, tujuannya adalah ingin mengevaluasi kembali, apa yang pernah kami sampaikan sebelumnya. Karena memang kasus kanker di Indonesia khususnya Maluku Utara semakin hari semakin meningkat, dikarenakan faktor ketidaktahuan tentang masalah kanker.

“Tujuan Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia yaitu memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin, secara langsung tentang pengertian kanker. Mengenali secara dini gejala kanker paru-paru, kanker seviks, kanker prostat dan kanker payudara,” katanya.

Ia juga mengatakan, tumor Jinak pertumbuhannya lambat, tapi bila dibiarkan dan tidak segera ditangani dikhawatirkan akan berubah menjadi Tumor Ganas dan kalau sudaj menjadi ganas itulah yang dinamankan kanker. Sel kanker bisa berpindah kebagian tubuh lain melalui pembuluh darah (metastasis).

“Gejala-gejala kanker serviks meliputi adanya pendarahan yang tidak normal/flek/bercak, rasa sakit setiap kali melakukan hubungan seksual, mengalami masa haid yang lebih berat dan lebih panjang daripada biasanya, iritasi di sekitar alat kelamin,”kata Ricka Amd.Keb.

“Cara menghindari kanker dan tumor yaitu lakukan pola makan yang sehat dan teratur, komsumsi makanan yang berserat tinggi (buah dan sayur), hindari makanan yang berlemak tinggi (daging), hindari makanan yang mengandung zat carsinogen (pengawet), lakukan olahraga secara teratur,” sambungnya.

Ditempat terpisah, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra saat dikonfirmasi awak media mengatakan, kegiatan ini sangat diperlukan bagi prajurit serta persit, dikarenakan dengan pengetahuan kanker sehingga nantinya tidak ada anggota dan keluarga yang terkena penyakit kanker.

“Semoga dengan adanya penyuluhan ini akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan akan dampak dari bahayanya penyakit yang di sebut dengan kanker dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan,” tuturnya. (Willy)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by