LIPUTAN-MALUT.com
NEWS TICKER

RSUD Tobelo Kembali Terima Penghargaan Terbaik Se-Malut Dalam Komitmen Sukseskan Program JKN-KIS

Kamis, 9 September 2021 | 6:16 pm
Reporter: Willy Parton
Posted by: LIPUTAN MALUT
Dibaca: 569
Penghargaan yang diterima Bupati Halut bersama Dirut RSUD Tobelo (Foto WP Liputan-Malut)

HALUT, Liputan-Malut.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut) kembali menerima penghargaan RSU terbaik terhadap komitmen tinggi dalam menyukseskan Program JKN-KIS serta pelayanan yang berkualitas kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat ( KIS )

Penghargaan tersebut diberikan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ternate Provinsi Maluku Utara kepada RSUD Tobelo sebagai rumah sakit kelas C terbaik yang berkomitmen dalam program JKN-KIS se-Provinsi Maluku Utara, dan penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Halut ,Ir Frans Manery di dampingi Sekretaris Daerah Drs E J Papilaya MTP bersama Direktur RSUD Tobelo, drg. Irwanto Tandaan, MPH., Di lantai dua ruang metting Fredy Tjandua, Kamis (09/09/2021)

Kepala cabang BPJS Ternate, Apt. Rinaldi Wibisono S.Farm mengapresiasi Pemda Halut yang telah mendukung serta memberikan kontribusi dalam program pemerintah terkait kepesertaan JKN-Kis khususnya untuk pemberian bantuan iuran kepada masyarakat khususnya masyarakat tidak mampu dalam hal terkait penjaminan kesehatan.

“program JKN-Kis adalah salah satu program esensial bagi pemerintah pusat yang masuk dalam RPJMN yang targetnya setiap provinisi, kabupaten/kota bisa mencapai universal coverage yang bisa dicapai di tahun 2024,” ucapnya.

Dia berharap upaya pemerintah daerah melalui dinas sosial dalam mengupayakan masyarakat yang benar benar masuk dalam kategori kurang mampu untuk di usulkan ke kementrian sosial sebagai peserta BPIJK .

“Mudah-mudahan dengan pengawalan bupati bersama dinas terkait tentunya bisa secepatnya disetujui oleh kementrian sosial sehingga jumlah kepesertaan bisa tercapai secara maksimal seperti tahun tahun sebelumnya”, kata rinaldi.

Ditambahkannya, bahwa dengan adanya penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah hubungan  kerjasama yang baik dapat ditingkatkan dalam pelayanan jaminan kesehatan kepada masyarakat  dengan tidak mendiskriminasi masyakat  baik pengguna JKN-KIS maupun masyarakat  umum.

“kami mengapresiasi fasilitas paripurna RSUD tobelo dengan kategori yang dinilainya yang paling terbaik di provinsi maluku utara dengan tipe C,” ucapnya.

Selain itu, lajut Renaldi mengatakan, dengan teknologi yang mutakhir yang sudah diberikan dengan jajaran rumah sakit yang sudah sangat konsen dalam memberikan pelayanan paripurna serta sarana dan prasarana yang mencukupi untuk  bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat

“RSUD Tobelo bahkan mampu membackup pelayanan bagi masyarakat yang berasal kabupaten morotai, halmahera barat, timur dan tengah, maka dengan ini kami sangat mendukung jika rsud tobelo akan meningkatkan tipe rumah sakit menjadi tipe B sehingga secara paripurna masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan”, ungkapnya.

Sementara Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dalam sambutanya mengharapkan kerjasama terus dibangun sehingga dalam fungsi pelayanan selaku pemerintah tidak ada yang di rugikan.

Bupati menjelaskan bahwa sampai sekarang ini masyarakat Halut yang masuk dalam daftar BPJS masih berkisar 20 ribuan, yang dimana pada tahun kemarin data yang kami miliki sebanyak 76 ribu peserta bpjs kesehatan , namun telah dihentikan karena terkait data dari dinas teknis yang tidak valid.

“Terkait permasalahan data yang tidak valid maka kami telah perintahkan beberapa dinas terkait untuk membuat data yang benar-benar tertuju dan tepat sasaran pada masyarakat yang wajib menerima program jaminan kesehatan,” kata bupati.

Bupati berharap dalam forum ini dapat dibicarakan secara baik terkait kevalidtan data terkait dengan masyarakat yang termasuk dalam anggota bpjs sehingga data yang diberikan tepat pada sasarannya , dengan harapan kiranya dalam rakor ini kejadian yang pernah terjadi terkait pemutusan sementara bpjs kesehatan yang terjadi tidak terulang lagi.

Bupati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak bpjs kesehatan cabang ternate yang sudah memberikan penghargaan kepada rsud tobelo sehingga pelayanan kedepan diharapkan dapat ditingkatkan lagi.

“Di periode kedua, kami akan berupaya agar dalam masa pemerintahan ini rsud tobelo akan menjadi rumah sakit  terbaik di provinsi maluku utara,” ucapnya. (Willy Parton)

Berita Lainnya

 

© 2020 liputan-malut.com. All Rights Reserved.

Redaksi - Tentang Kami - Pengumuman

Design by